INTERNAL AUDIT KURANG PAS KALAU BELUM MENGACU KE ISO 19011,

INTERNAL AUDIT KURANG PAS KALAU BELUM MENGACU KE ISO 19011,

Di pasal 7.23 IATF 16949 tentang Kompetensi Internal Auditor, dinyatakan bahwa HARUS ada proses yang terdokumentasi untuk memverifikasi kompetensi auditor, kemudian dinyatakan lagi lihat ISO 19011. Pertanyaannya bentuk Dokumen yang sesuai referensi Selengkapnya »

PART AFTER MARKET KINI MASUK RUANG LINGKUP SISTEM IATF 16949

PART AFTER MARKET KINI MASUK RUANG LINGKUP SISTEM IATF 16949

The IATF decided to modify the eligibility requirements to include all service/replacement parts. Sebelumnya dalam tulisan kami di link https://www.improvementqhse.com/7-tips-untuk-siap-mempunyai-sistem-iatf-16949/, menyatakan bahwa jenis produk untuk sistem IATF 16949 bukan termasuk SPARE PART, Selengkapnya »

UPDATE CSR GM – PENGALAMAN PIHAK LAIN ADALAH GURU YANG PALING BAIK

UPDATE CSR GM – PENGALAMAN PIHAK LAIN ADALAH GURU YANG PALING BAIK

Mengenai apakah dan konsep CSR, bisa dilihat di link ini: https://www.improvementqhse.com/customer-requirement-cr-dan-customer-specific-requiement-csr-2/ Ketika ada CSR yang berubah, misalkan dari General Motor, pasti perubahan ini disebabkan suatu hal dan tujuannya memperbaiki sistem yang saat Selengkapnya »

BAGAIMANA ASPEK KOMPETENSI BISA BIKIN GAGAL AUDIT?

BAGAIMANA ASPEK KOMPETENSI BISA BIKIN GAGAL AUDIT?

Pembahasan ini diambil dari SI 7.2.1 Automotive Certification Scheme for IATF 16949 Perlu ditetapkan dan dijalankan cara mengidentifikasi pelatihan dan Kesadaran dan pencapaian kompetensi semua pekerja, terutama yang langsung mempengaruhi persyaratan produk dan Selengkapnya »

PAHAMI 4 DOKUMEN (MANUAL) INI DULU DARIPADA GAGAL SERTIFIKASI IATF 16949

PAHAMI 4 DOKUMEN (MANUAL) INI DULU DARIPADA GAGAL SERTIFIKASI IATF 16949

1 RULES FOR ACHIEVING AND MAINTAINING IATF RECOGNITION Beberapa waktu lalu ada calon client kami, yang membuat part untuk kendaraan, dan ingin mendapatkan sertifikasi IATF 16949, kami saat itu diundang untuk presentasi Selengkapnya »

MEMBUAT CONTINGENCY YANG EFEKTIF

MEMBUAT CONTINGENCY YANG EFEKTIF

MEMBUAT CONTINGENCY YANG EFEKTIF PERTANYAAN dari FAQ tentang Contingency Plan (https://www.iatfglobaloversight.org/wp/wp-content/uploads/2022/05/IATF-16949-FAQs_May-2022.pdf) Apa langkah kunci untuk mengembangkan Contingency Plan yang efektif?   JAWAB Perusahaan diharuskan untuk menunjukkan bahwa ia telah dikembangkan dan diimplementasikan Selengkapnya »

MENINGKATKAN KEMAMPUAN DENGAN PROBLEM SOLVING

MENINGKATKAN KEMAMPUAN DENGAN PROBLEM SOLVING

Chaplin (2001) dalam kamus lengkap psikologi menyatakan bahwa pemecahan masalah adalah proses yang tercakup dalam usaha menemukan urutan yang benar dari alternatif-alternatif jawaban yang mengarah pada satu sasaran atau ke arah pemecahan Selengkapnya »

APA SIH YANG DIMINTA STATISTICAL PROCESS CONTROL (SPC)

APA SIH YANG DIMINTA STATISTICAL PROCESS CONTROL (SPC)

Di beberapa tulisan di www.improvementqhse.com, menampilkan informasi terkait SPC. Inti SPC di IATF 16949 adalah mempelajari apakah proses itu STABIL dan MAMPU? Nah di sistem IATF 16949 difokuskan pada data special characteristic Selengkapnya »

MASALAH SELALU SOLVED MELALUI TIGA ACTION INI

MASALAH SELALU SOLVED MELALUI TIGA ACTION INI

Saat itu memang ada issue kelembaban yang sudah kami selesaikan, tetapi mungkin karena sharing penjelasan keberhasilan perbaikan ke leader produksi yang kurang, membuat masalah kelembaban berulang dan action perbaikan dinilai lambat. Sharing Selengkapnya »

9 MASALAH MANUFAKTUR LOKAL DAN 4 TEMUAN TERBESAR IATF 16949

9 MASALAH MANUFAKTUR LOKAL DAN 4 TEMUAN TERBESAR IATF 16949

Dilaporkan di https://www.iatfglobaloversight.org/statistics/ tentang temuan audit IATF 16949, ada 4 aspek terbesar temuan major/minor IATF 16949: Problem Solving (perbaikan atau pencegahan) Coretool (APQP-CSR, FMEA+Control Plan, MSA, SPC-termasuk statistic tool) Contingency Plan TPM Selengkapnya »

 

MINITAB PADA STUDI SPC, MSA, UJI HIPOTESA ATAU PROJECT QCC/KAIZEN

Banyak yang bilang kalau dengan pemakaian software Minitab maka implementasi SPC dan MSA akan lebih baik? Ya seharusnya seperti itu, minimal kitab isa lebih cepat karena asal pengisian data sudah dilakukan seperti yang diminta Minitab, kemudian langsung tekan OK, maka hasil langsung tertera. Tetapi sebelum mengeksekusi dengan Minitab, pernahkah kita berpikir bagaimana dengan keabsahan data yang akan diolah tadi, apakah tool yang dipakai sudah sesuai, lalu apakah kita memahami graphik dan angka yang ditampilkan, kemudian bagaimana dengan action perbaikannya?

 

KEABSAHAN DATA, tentu ini terkait bagaimana kita mengambil data: apakah data diambil langsung di akhir proses, perlot, perfaktor-X atau apa dan bagaimana? Misalkan:

  • Studi GRR, tentu tidak mungkin kita mengambil sample uji sembarangan, kita baiknya mengambil sample yang mewakili range variasi
  • Xbar-R, berapa subgroup yang diambil? 3,4,5? Apa dasarnya dan bagaimana hubungan antara jumlah sample dan populasi produksi dalam satu hari, lalu kapan waktu mengambil subgroup itu? Kemudian berapa jumlah yang
  • Dan masih ada lagi pertimbangan yang lain.

Ingat, data salahpun bisa dieksekusi dengan Minitab, salah mengambil dan menentukan data akan membuat langkah perbaikan salah kaprah!

 

Dalam implemengtasi statistik industri, umumnya melakukan studi SPC dan MSA, jumlah TOOL YANG DIPAKAI ada sekitaran 20-25 studi, jadi tool ini harus dipahami kapan digunakan? Setiap tool punya tujuan uji, jadi tentu harus dipahami terlebih dahulu.  Misalkan:

  • Studi MSA Atribute, ada 3 studi MSA attribute, kapan uji Kendall atau Fleish dilakukan?
  • Studi MSA GRR, kapan kita menganalisa dengan Analisa Anova without interaksi atau with interaksi? Studi GRR ini menurut pandangan kami adalah Tool yang sangat rumit dengan hitungannya, menggunakan excel juga bisa, tetapi perlu ada tambahan pengolahan secara manual, sehingga hasilnya akan sesuai dengan Manual MSA
  • Di Studi SPC, kapan kita gunakan C atau U chart?
  • Dll

MENENTUKAN SAMPLING, APALAGI SAMPLING PROSES

Kegiatan SPC dan MSA banyak yang bilang merepotkan. Sehingga banyak yang berupaya menyederhanakannya baik menggunakan excel atau program sendiri dan bahkan menggunakkan aplikasi software Statistik terkenal Minitab/SPSS. Implementasi statistik SPC dan MSA di kegiatan proses Industri perlu memperhatikan bagaiman menyajikan atau persiapan datanya, hal ini terkait dengan  sistem sampling proses dan tujuan studi SPC dan MSAnya. Menyajikan data yang tepat merupakan persyaratan utama dan penting sebelum diolah oleh suatu program. Jangan sampai kita menyimpulkan alat tidak bisa dipakai padahal dalam studi GRR kita tidak memakai ukuran yang mewakili variasi proses, atau kita menyimpulkan produk stabil padahal jumlah sampelnya tidak mewakili proses atau tidak mewakili jumlah proses.

 

MEMBACA GRAPHIK DAN DATA DI MINITAB. Bila kita pencet tobol F1 di software Minitab, sudah dijelaskan semua cara membacanya dan ada juga studi kasusnya, tetapi memang perlu dipahami dalam hal-hal yang lebih sesuai dengan kondisi di tempat kita, misalkan:

  • NDC minimal 5, tetapi bagaimana dengan NDC pada studi GRR mempunyai nilai misalkan 50? Apakah ini wajar? Ya tentu tidak, karena terlalu besar. NDC 50, saya analogikan dengan produk furniture yang toleransinya bisa 0.2 mm tetapi diukur dengan alat yang resolusinya sangat tinggi, misalkan CMM, bisa sampai 5uM
  • Kalau terlihat distribusi data tidak normal, apakah yang dilakukan? Minitab memberikan fasilitas menormalkan dengan menggunakan distribusi tertentu? Tetapi menurut kami, tidak usah dilakukan, perbaiki prosesnya saja dulu, pakai tool FMEA sehingga pola distribusi bisa Kembali normal.
  • Dst

STUDI HIPOTESA

Beberapa studi hipotesa juga menjadi perhatian dalam implementasi statistik industri. Sebenarnya SPC atau MSA memakai studi Hipotesa ini, baik studi Mean, varian dan proporsi. Studi mean sebenarnya studi yang minimal harus dipahami oleh teman-teman di manufaktur, khususnya pada saat ingin membandingkan satu, dua atau beberapa kelompok data. Misalkan:

  • Membandingkan hasil part dari 2 supplier, mana yang lebih baik atau bahkan 3 supplier
  • Membandingkan hasil 2 atau 3 mesin, mana yang paling stabil
  • Membandingkan hasil perubahan variable di satu mesin, bagaimana hasil sebelum dan sesudahnya, apakah perubahan variable itu significant?
  • Dst

Jadi dengan melengkapi dengan kemampuan studi Hipotesa, ini akan memberikan kemampuan untuk menduga keberhasilan atau perbedaan suatu kegiatan serta juga memahami know-how studi SPC dan MSA

 

MENENTUKAN ACTION PERBAIKAN, langkah ini tentu tidak diberikan di Minitab, tergantung pemahaman kita dalam mengambil data, menginterpretasikan gambar dan data dari Minitab, tetapi tetap ada konsep yang perlu diperhatikan dalam menentukan action, misalkan:

  • Di SPC, mengajarkan konsep untuk mengidentifikasi masalah yang ada itu apakah masalah KESTABILAN atau KEMAMPUAN?
  • Di MSA, menekankan konsep ketika ada masalah jangan buru-buru menyalahkan proses produksinya, coba chek alat ukurnya (Akurasi ) atau metoda ukurnya (Presisi)
  • Di MSA juga diminta untuk menentukan resolusi alat ukur yang dipakai atau sesuai? Atau terlalu berlebihan?
  • dst

BUKAN SEKEDAR HITUNG MENGHITUNG

Selain hal-hal di atas, kami juga menekankan kalau studi SPC, MSA dan Uji Hipotesa itu bukan masalah hitung menghitung, tetapi bagaimana dalam mengidentifikasi masalah, mempersiapkan pengambilan data, menganalisa dan action. Software Minitab adalah alat bantu saja.

  • Ya seperti kita makan saja, piring dan sendok/garpu itu alat bantu saja, mau sehat bukan tergantung kepada sendok/garpunya, tetapi tergantung kita dalam memilih: jenis makanan, kebersihan tempat dan jumlah bahkan jumlah kunyahan , dan itu ditentukan oleh kita sendiri dan penting.
  • Atau analoginya bisa sama dengan alat kontrol kita dalam berolahraga saja (misalkan jam yang dengan fasilitas chek denyut jantung, menghitung jarak tempuh, dll), itu hanya tool saja, tetapi bagaimana menentukan olahraga yang sesuai, waktu pelaksanaan olahraga, bagaimana posisi tumpu misalkan dalam berlari, pengaturan nafas dll, itu semua tergantung kita.

 

OK simplenya MARI OPTIMUMKAN SOFTWARE (SPSS, MINITAB) dalam menganalisa proses kita!

 

www.improvementqhse.com

Open chat
Need Help?
hello, ada yang bisa kami bantu?

oh ya bapak/ibu, kami ada layanan Improvement di Proses, namanya Free Assessment Proses, dilakukan 1-2 hari, cukup dengan mengganti akomodasi Konsultannya saja, tertarik?
599 views