IATF 16949 MENCAKUP SEMUA SUKU CADANG SERVIS/PENGGANTI

IATF 16949 MENCAKUP SEMUA SUKU CADANG SERVIS/PENGGANTI

Artikel ini menjelaskan terkait perubahan ketentuan perusahaan yang bisa disertifikasi IATF 16949., kami pernah juga memberikan link tulisan yang hampir sama terkait part after market yang manufaktur(pabrik)nya bisa disertifikasi IATF 16949, baca Selengkapnya »

ALASAN DAN KETENTUAN SPECIAL AUDIT SISTEM IATF 16949

ALASAN DAN KETENTUAN SPECIAL AUDIT SISTEM IATF 16949

Lembaga sertifikasi melakukan SPECIAL AUDIT terhadap klien yang disertifikasi untuk: untuk menyelidiki keluhan kinerja sebagai respons terhadap perubahan sistem manajemen mutu klien perubahan signifikan di situs klien; akibat sertifikat yang ditangguhkan untuk Selengkapnya »

BAGAIMANA KOMPETENSI AUDITOR IATF 16949 DARI BADAN SERTIFIKASI KITA?

BAGAIMANA KOMPETENSI AUDITOR IATF 16949 DARI BADAN SERTIFIKASI KITA?

Artikel ini respon dari perubahan Rules for achieving and maintaining IATF Recognition IATF Rules 5th Edition yang nantinya akan menjadi edisi ke-6 Di point perubahan  Rules for achieving and maintaining IATF Recognition IATF Selengkapnya »

INTERNAL AUDIT KURANG PAS KALAU BELUM MENGACU KE ISO 19011,

INTERNAL AUDIT KURANG PAS KALAU BELUM MENGACU KE ISO 19011,

Di pasal 7.23 IATF 16949 tentang Kompetensi Internal Auditor, dinyatakan bahwa HARUS ada proses yang terdokumentasi untuk memverifikasi kompetensi auditor, kemudian dinyatakan lagi lihat ISO 19011. Pertanyaannya bentuk Dokumen yang sesuai referensi Selengkapnya »

PART AFTER MARKET KINI MASUK RUANG LINGKUP SISTEM IATF 16949

PART AFTER MARKET KINI MASUK RUANG LINGKUP SISTEM IATF 16949

The IATF decided to modify the eligibility requirements to include all service/replacement parts. Sebelumnya dalam tulisan kami di link https://www.improvementqhse.com/7-tips-untuk-siap-mempunyai-sistem-iatf-16949/, menyatakan bahwa jenis produk untuk sistem IATF 16949 bukan termasuk SPARE PART, Selengkapnya »

UPDATE CSR GM – PENGALAMAN PIHAK LAIN ADALAH GURU YANG PALING BAIK

UPDATE CSR GM – PENGALAMAN PIHAK LAIN ADALAH GURU YANG PALING BAIK

Mengenai apakah dan konsep CSR, bisa dilihat di link ini: https://www.improvementqhse.com/customer-requirement-cr-dan-customer-specific-requiement-csr-2/ Ketika ada CSR yang berubah, misalkan dari General Motor, pasti perubahan ini disebabkan suatu hal dan tujuannya memperbaiki sistem yang saat Selengkapnya »

BAGAIMANA ASPEK KOMPETENSI BISA BIKIN GAGAL AUDIT?

BAGAIMANA ASPEK KOMPETENSI BISA BIKIN GAGAL AUDIT?

Pembahasan ini diambil dari SI 7.2.1 Automotive Certification Scheme for IATF 16949 Perlu ditetapkan dan dijalankan cara mengidentifikasi pelatihan dan Kesadaran dan pencapaian kompetensi semua pekerja, terutama yang langsung mempengaruhi persyaratan produk dan Selengkapnya »

PAHAMI 4 DOKUMEN (MANUAL) INI DULU DARIPADA GAGAL SERTIFIKASI IATF 16949

PAHAMI 4 DOKUMEN (MANUAL) INI DULU DARIPADA GAGAL SERTIFIKASI IATF 16949

1 RULES FOR ACHIEVING AND MAINTAINING IATF RECOGNITION Beberapa waktu lalu ada calon client kami, yang membuat part untuk kendaraan, dan ingin mendapatkan sertifikasi IATF 16949, kami saat itu diundang untuk presentasi Selengkapnya »

MEMBUAT CONTINGENCY YANG EFEKTIF

MEMBUAT CONTINGENCY YANG EFEKTIF

MEMBUAT CONTINGENCY YANG EFEKTIF PERTANYAAN dari FAQ tentang Contingency Plan (https://www.iatfglobaloversight.org/wp/wp-content/uploads/2022/05/IATF-16949-FAQs_May-2022.pdf) Apa langkah kunci untuk mengembangkan Contingency Plan yang efektif?   JAWAB Perusahaan diharuskan untuk menunjukkan bahwa ia telah dikembangkan dan diimplementasikan Selengkapnya »

MENINGKATKAN KEMAMPUAN DENGAN PROBLEM SOLVING

MENINGKATKAN KEMAMPUAN DENGAN PROBLEM SOLVING

Chaplin (2001) dalam kamus lengkap psikologi menyatakan bahwa pemecahan masalah adalah proses yang tercakup dalam usaha menemukan urutan yang benar dari alternatif-alternatif jawaban yang mengarah pada satu sasaran atau ke arah pemecahan Selengkapnya »

 

PAHAMI 4 DOKUMEN (MANUAL) INI DULU DARIPADA GAGAL SERTIFIKASI IATF 16949

1 RULES FOR ACHIEVING AND MAINTAINING IATF RECOGNITION

Beberapa waktu lalu ada calon client kami, yang membuat part untuk kendaraan, dan ingin mendapatkan sertifikasi IATF 16949, kami saat itu diundang untuk presentasi sebagai kandidat konsultan IATF 16949. Setelah tanya jawab baru kami mengetahui bahwa client kami menjual part automotivenya ke after market, belum ke OEM/Tier OEM. Saat itu langsung kami simpulkan bahwa perusahaan mereka belum memenuhi ketentuan sertifikasi IATF 16949. Kasus lain ketika satu client kami sudah memproduksi part dan disupplai ke OEM/Tier OEM, tetapi partnya bukan merupakan kesatuan part dari kendaraan, part yang dibuat adalah Dongkrak, kami langsung mengatakan tidak bisa mendapatkan sertifikasi itu. Alasan mereka ingin mendapat sistem IATF 16949 karena menurut mereka sistem IATF 16949 merupakan standard sistem yang baik untuk melakukan perubahan dan cost down. Setelah sesuai dengan kreteria perusahaan dan siap diaudit, harus dipahami juga mengenai ketentuan-ketentuan di persiapan audit: misalkan data apa saja yang harus disiapkan, dan dalam kurun berapa lama data itu harus ada? (dipersyaratkan ada beberapa data wajib dan minimal harus tersedia selama 12 bulan).  Termasuk apakah ada site lain/support function lain di dalam negri atau di luar negri? Kalau ada maka sistem IATF 16949 harus mengcover ke semua site itu. Identifikasi semua ketentuan  ini harus matang,  kalau tidak maka tahapan audit-1 PASTI GAGAL. Semua ketentuan-ketentuan itu ada di RULES FOR ACHIEVING AND MAINTAINING IATF RECOGNITION, manual ini berasal dari International Automotive Task Force (IATF), yang terdiri dari OEM otomotif dan asosiasi industri otomotif nasional yang mewakili pemasok.  Manual ini mencakup kriteria pengakuan Badan Sertifikasi, proses audit dan kualifikasi auditor. Manual ini  ditujukan untuk Badan Sertifikasi yang diakui IATF yang mengaudit Proses Audit Pihak Ketiga IATF 16949

Persyaratan dan lampiran di manual ini adalah sebagai kesatuan dari Badan Sertifikasi yang direcognized oleh IATF, oleh karena ini harus dipahami juga oleh perusahaan yang mau mendapatkan sertifikasi IATF 16949 (Introduction Automotive Certification Scheme for IATF 16949, Page 5).

Terkait apa itu Customer Specific Customer ada di link ini https://www.improvementqhse.com/customer-requirement-cr-dan-customer-specific-requiement-csr/

 

2. MANUAL SISTEM IATF 16949

Ada dua manual yang harus dipenuhi dalam implementasi sistem IATF  16949, yaitu sistem manajemen mutu (manual ISO 9001) dan sistem automotive (manual IATF 16949). Kedua manual ini memang terpisah, tetapi dalam implementasi keduanya harus dijalankan bersamaan.  Dalam sistem sebelumnya kedua manual ini (ISO 9001 dan IATF 16949) tercetak dalam satu manual, tetapi saat ini terpisah. Manual IATF 16949 karena merupakan ketentuan sistem automotive, sifatnya lebih menambahkan (lebih detail juga).

Sarannya untuk kedua manual ini, pahami maksud dan tujuan dari tiap pasal, kadang terlihat merepotkan karena begitu banyak ketentuan, tetapi selama kita dapat menggali maksud dan tujuan, serta mengimplemetasikannya, maka mamfaatnya sangat besar. Dan hindari konsep yang penting dokumentasi lengkap tetap tekankan implementasinya. Kalaupun ada ketidaksesuaian dalam audit nanti, tetapi kita sudah mendapatkan banyak mamfaat dari penerapan pasal-pasal itu

 

3. MANUAL DARI CUSTOMER

Ini juga dipelajari sebelum kita mensertifikasi sistem IATF 16949, memahami Customer requirement di awal sangat baik untuk memastikan kelayakan sistem kita. Bila kita nilai belum bisa memenuhi (tidak konsisten atau bahkan gagal total) sebaiknya perbaiki terlebih dahulu daripada GAGAL dalam SERTIFIKASI IATF 16949. Karena penekanan pemenuhan persyaratan pelanggan adalah yang ketentuan UTAMA. Jadi identifikasi semua persyaratan pelanggan, review implementasi yang diminta, bahkan diminta di pasal IATF 16949 untuk melakukan audit internal terhadap pemenuhan Customer Pelanggan itu. Jadi identifikasi saja dulu dan lakukan perbaikan apabila ada yang belum dipenuhi.

 

JADI JANGAN CEPAT-CEPAT SERTIFIKASI IATF 16949 kalau ke-4 manual ini belum direview.

 

Salam

www.improvementqhse.com

bila perusahaan anda ingin mendapatkan rekomendasi persiapan Sertifikasi IATF 16949 dalam bentuk audit onsite, silahkan hubungi kami, kami akan lakukan audit sesuai hari yang disepakati kemudian akan memberikan laporan program secara detail mengenai apa yang perusahaan anda lakukan untuk mendapatkan sertifikasi IATF 16949. Hub Nova di 08777-178-1334

Open chat
Need Help?
hello, ada yang bisa kami bantu?

oh ya bapak/ibu, kami ada layanan Improvement di Proses, namanya Free Assessment Proses, dilakukan 1-2 hari, cukup dengan mengganti akomodasi Konsultannya saja, tertarik?
659 views