JAM TAMBAHAN AUDIT SERTIFIKASI IATF 16949 

JAM TAMBAHAN AUDIT SERTIFIKASI IATF 16949 

Untuk mendukung metodologi penghitungan hari audit berbasis risiko, IATF telah memutuskan agar lembaga sertifikasi memfokuskan lebih banyak waktu pada masalah kinerja yang menimbulkan risiko bagi pelanggan, untuk mendukung persyaratan Peraturan IATF Edisi Selengkapnya »

IATF 16949 MENCAKUP SEMUA SUKU CADANG SERVIS/PENGGANTI

IATF 16949 MENCAKUP SEMUA SUKU CADANG SERVIS/PENGGANTI

Artikel ini menjelaskan terkait perubahan ketentuan perusahaan yang bisa disertifikasi IATF 16949., kami pernah juga memberikan link tulisan yang hampir sama terkait part after market yang manufaktur(pabrik)nya bisa disertifikasi IATF 16949, baca Selengkapnya »

ALASAN DAN KETENTUAN SPECIAL AUDIT SISTEM IATF 16949

ALASAN DAN KETENTUAN SPECIAL AUDIT SISTEM IATF 16949

Lembaga sertifikasi melakukan SPECIAL AUDIT terhadap klien yang disertifikasi untuk: untuk menyelidiki keluhan kinerja sebagai respons terhadap perubahan sistem manajemen mutu klien perubahan signifikan di situs klien; akibat sertifikat yang ditangguhkan untuk Selengkapnya »

BAGAIMANA KOMPETENSI AUDITOR IATF 16949 DARI BADAN SERTIFIKASI KITA?

BAGAIMANA KOMPETENSI AUDITOR IATF 16949 DARI BADAN SERTIFIKASI KITA?

Artikel ini respon dari perubahan Rules for achieving and maintaining IATF Recognition IATF Rules 5th Edition yang nantinya akan menjadi edisi ke-6 Di point perubahan  Rules for achieving and maintaining IATF Recognition IATF Selengkapnya »

INTERNAL AUDIT KURANG PAS KALAU BELUM MENGACU KE ISO 19011,

INTERNAL AUDIT KURANG PAS KALAU BELUM MENGACU KE ISO 19011,

Di pasal 7.23 IATF 16949 tentang Kompetensi Internal Auditor, dinyatakan bahwa HARUS ada proses yang terdokumentasi untuk memverifikasi kompetensi auditor, kemudian dinyatakan lagi lihat ISO 19011. Pertanyaannya bentuk Dokumen yang sesuai referensi Selengkapnya »

PART AFTER MARKET KINI MASUK RUANG LINGKUP SISTEM IATF 16949

PART AFTER MARKET KINI MASUK RUANG LINGKUP SISTEM IATF 16949

The IATF decided to modify the eligibility requirements to include all service/replacement parts. Sebelumnya dalam tulisan kami di link https://www.improvementqhse.com/7-tips-untuk-siap-mempunyai-sistem-iatf-16949/, menyatakan bahwa jenis produk untuk sistem IATF 16949 bukan termasuk SPARE PART, Selengkapnya »

UPDATE CSR GM – PENGALAMAN PIHAK LAIN ADALAH GURU YANG PALING BAIK

UPDATE CSR GM – PENGALAMAN PIHAK LAIN ADALAH GURU YANG PALING BAIK

Mengenai apakah dan konsep CSR, bisa dilihat di link ini: https://www.improvementqhse.com/customer-requirement-cr-dan-customer-specific-requiement-csr-2/ Ketika ada CSR yang berubah, misalkan dari General Motor, pasti perubahan ini disebabkan suatu hal dan tujuannya memperbaiki sistem yang saat Selengkapnya »

BAGAIMANA ASPEK KOMPETENSI BISA BIKIN GAGAL AUDIT?

BAGAIMANA ASPEK KOMPETENSI BISA BIKIN GAGAL AUDIT?

Pembahasan ini diambil dari SI 7.2.1 Automotive Certification Scheme for IATF 16949 Perlu ditetapkan dan dijalankan cara mengidentifikasi pelatihan dan Kesadaran dan pencapaian kompetensi semua pekerja, terutama yang langsung mempengaruhi persyaratan produk dan Selengkapnya »

PAHAMI 4 DOKUMEN (MANUAL) INI DULU DARIPADA GAGAL SERTIFIKASI IATF 16949

PAHAMI 4 DOKUMEN (MANUAL) INI DULU DARIPADA GAGAL SERTIFIKASI IATF 16949

1 RULES FOR ACHIEVING AND MAINTAINING IATF RECOGNITION Beberapa waktu lalu ada calon client kami, yang membuat part untuk kendaraan, dan ingin mendapatkan sertifikasi IATF 16949, kami saat itu diundang untuk presentasi Selengkapnya »

MEMBUAT CONTINGENCY YANG EFEKTIF

MEMBUAT CONTINGENCY YANG EFEKTIF

MEMBUAT CONTINGENCY YANG EFEKTIF PERTANYAAN dari FAQ tentang Contingency Plan (https://www.iatfglobaloversight.org/wp/wp-content/uploads/2022/05/IATF-16949-FAQs_May-2022.pdf) Apa langkah kunci untuk mengembangkan Contingency Plan yang efektif?   JAWAB Perusahaan diharuskan untuk menunjukkan bahwa ia telah dikembangkan dan diimplementasikan Selengkapnya »

 

BILA ADA ABNORMAL, JANGAN SALAHKAN PROSES UTAMA DULU, TETAPI….

Saran teman saya kalau meminta cuti ke pak Hendrik “Minta ijin Cuti ke pak Hendrik, pas hari jumat saja (hari jumat beliau ke rumahnya di Jogya, karena keluarganya di Jogya) dan plus tugas yang diberikan sudah beres”.  Teman saya sudah kenal pak Hendrik, karena dia dekat dengan pak Hendrik, dia pernah satu tim New Model yang berjalan sampai 3 tahun dan teman saya itu juga berasal dari Jogja.

Kisah di atas, tentang perlunya mengetahui sifat atasan, hampir sama dengan keharusan kita mengenal proses yang kita kelola, mengenal proses yang kita kelola adalah dengan mengetahui pola Variasi proses itu.  Tidak memahami pola variasi maka pasti akan menyulitkan dan bahkan bisa merugikan kita.

Tetapi Ingat saat ada pola variasi yang akhirnya menyebabkan issue (defect, complain dll), belum tentu serta merta salah proses utamanya (katakanlah proses itu proses produksi). Hal ini juga sama dengan  cerita di atas, pak Hendrik sudah punya kebiasaan akan happy saat hari Jumat dan suka dengan pekerja yang tugasnya sudah beres di akhir minggu. Jadi jangan cari masalah ke pak Hendrik kalau kedua hal ini tidak dipenuhi saat meminta Cuti. Mungkin tetap disetujui, tetapi akan timbul konflik hubungan.

Mengidentifikasi aspek lain sebelum menganalisa proses produksi adalah hal yang perlu dilakukan. Jadi kalau kita lihat cerita di atas lagi, jangan salahkan sifat pak Hendriknya dulu karena kita ditolak/ cutinya karena kita sebenarnya mengganggu pak Hendrik, sudah tahu pak Hendrik seperti itu malah minta cuti di hari rabu dan tugas kita belum beres.

Kenapa cerita di atas sama dengan problem di produksi??? Saya mau ajak melihat masalah itu jangan yang sudah terlihat/disadari (seperti komplain, barang Ng internal, downtime naik sampai 80% dll), tetapi yang sifatnya yang belum disadari, saya artikan secara praktis adalah kondisi yang masih sesuai spesifikasi tetapi pola datanya sudah abnormal.

Mudahnya melihat yang belum disadari (pola data abnormal) adalah dengan menemukan adanya puncak yang lebih dari satu di graphik Histogram. Puncak grafik mewakili sifat /kondisi yang mewakili populasi, jadi bila ada dua dua puncak, maka dapat dikatakan ada pola variasi lain, alias ada pola atau variasi yang belum dikontrol atau sudah dikontrol tetapi masih kurang efektif.

Sama seperti teori ice berg (gunung es), seorang pekerja yang baik adalah pekerja yang sering mengamati dan memberikan ide dari hal-hal yang ada di dalam air dan kalaupun menemukan masalah, pekerja yang bijaksana adalah tetap mengamati sebelum menyimpulkan penyebabnya, minimal 4 aspek di bawah ini yang diamati sebelum  memberikan kesimpulan:

  • Review bagaimana penanganan parameter itu saat awal/new model, apakah data sudah normal/satu populasi (satu puncak)? Pertanyaan ini sifatnya pemastian saja, karena seharusnya pola data normal sudah dihasilkan saat serah terima dari team new model ke produksi.
  • Perubahan apakah yang sudah terjadi? Apakah ada perubahan yang selama ini dilakukan? (4M+1E Change). Ini memastikan apakah ada pencatatan dan pelaksanaan perubahan? Ingat adanya perubahan dominan menyebabkan recall part/kendaraan. Di beberapa Industri perubahan temperature/kelembaban bisa memberikan dampak, jadi tetap perlu memperhatikan perubahan yang dihasilkan di exterbal proses
  • Bagaimana dengan metoda ukur? Apakah sudah dijalankan studi MSA yang sesuai dengan pengukuran yang dilakukan?
  • Apakah sampling saat produksi massal sudah sesuai dan konsisten dijalankan?

 

Gambar Artikel mengilustrasi pengamatan data parameter A yang sudah abnormal di produksi. Masalah rupanya timbul dari proses Predictive Maintenance spindle. Rupanya pergantian SPINDLE no 10 tidak dilakukan (Change Wajib: penggantian Spindel), padahal penggunaannya sudah melewati hampir 10 bulan dari waktu predictivenya.

Pekerja melihat ada dua pola variasi (ada dua bentuk lonceng), walaupun data masih sesuai spec tetapi data berbeda polanya beberapa bulan lalu, kemudian cukup mengamati hal-hal yang tidak sesuai standard, kemudian memperbaikinya. Cukup itu saja untuk mengembalikan ke pola yang normal.

 

Salam

www.improvementqhse.com

Open chat
Need Help?
hello, ada yang bisa kami bantu?

oh ya bapak/ibu, kami ada layanan Improvement di Proses, namanya Free Assessment Proses, dilakukan 1-2 hari, cukup dengan mengganti akomodasi Konsultannya saja, tertarik?
632 views