PROBLEM,PFMEA DAN SPC

Jadi enginering itu ngulik, melakukan ini itu untuk mengecilkan variasi proses. Pakai SPC sebagai alat review. SPC-PFMEA biasanya kerap dipakai secara simultan, analisa itu menggunakan FMEA, lalu verifikasi hasilnya dengan SPC, ┬ámudah saja verifikasi dengan SPC, hanya melihat graphik kestabilan parameter yang dianalisa dengan di P-FMEA,,, nah kalau sudah FIXED dan efektif, maksudnya efektif, proses stabil, karakter produk stabil dan NG pada produk itu juga berkurang (data attribute), barudeh update control plannya. Bagaimana memastikan ini terjadi terus menerus? Kuncinya ya coba simulasikan, buatlah P-FMEA di proses produksi kita yang bermasalah. Kunci keberhasilan implementasi coretools itu pelaksanaan, mau terus pelaksanaan harus merasakan keberhasilan dari hasil perbaikan. Leader atau atasan baiknya mengarahkan dan menciptakan keberhasilan secara strategis. Jadi jangan buat FMEA, SPC, control plan atau MSA hanya untuk audit atau untuk keperluan customer saja, cobalah untuk memperbaiki PROSES KERJA KITA. Kalau mamfaat kita hasilkan untuk internal, siapa tahu kita jadi managernya, atau kalaupun sudah manager kan bisa saja pola piker ini bisa pakai untuk membuka usaha sendiri… just do it!!

Berikut gambaran hubungan, bagaimana hubungan antara MASALAH, SPC dan P-FMEA

Jadi coba identifikasi paremeter produk yang bermasalah, lalu analisa dengan P-FMEA untuk menentukan proses mana yang bermasalah, lakukan perbaikan dan pemantauan kestabilan dan kemampuan proses itu (SPC).

Program training ini FMEA-SPC ini merupakan salah satu layanan kami, jadi kami berikan training sekalian memperbaiki proses, training dilakukan selama 4 hari dengan menyepakati action-action yang akan dilakukan, jadi training SPC-P-FMEA ini langsung ke actual masalah di line produksi kita. Mereview line-pengamatan dan analisa serta tindakan akan kita lakukan selama 4 hari secara simultan. Setelah trainingpun kami intens memfollow up melalui group social media SPC+FMEA yang terdiri dari team perbaikan, dan kami berikan satu hari free charge untuk mempresentasikan hasilnya.

Perusahaan anda mau mengikuti training ini? Hubungi email: binapuraconsulting@gmail.com atau 08777-178-1334

salam

www.improvementqhse.com