MEMBUAT STUDI MSA MENJADI DASAR KUAT IMPROVEMENT

MEMBUAT STUDI MSA MENJADI DASAR KUAT IMPROVEMENT

Dari beberapa kegiatan improvement yang kami koordinir di client, studi MSA bisa dapat diandalkan untuk dasar ide improvement, cara singkatnya kita perlu fokus mengamati pola-pola variasi produk dan proses yang merupakan effect Selengkapnya »

ERROR PROVING DI IATF 16949

ERROR PROVING DI IATF 16949

ERROR PROVING /POKAYOKE diatur di pasal IATF 16949 pasal 10.2.4, ERROR PROVING digunakan untuk menjamin kalau kesalahan bisa terdeteksi, Kemudian kesalahan ini tentu dicari penyebab dan kemudian diperbaiki sebelum menjadi defect (NG). Selengkapnya »

JENIS CYBER ATTACK

JENIS CYBER ATTACK

Penekanannya penerapan Risk Analisis HARUS juga ke arah Ancama Cyber-Attack, pemakaian teknologi IT yang semakin luas di pekerjaan, berpotensi memberikan kendala stop line/stop supplai bila terjadi gangguan. Jadi identifikasi dulu ancaman  itu, Selengkapnya »

POTENSIAL DAN ACTUAL FIELD FAILURE

POTENSIAL DAN ACTUAL FIELD FAILURE

APAKAH FIELD FAILURE FIELD FAILURE dalam arti luas adalah kegagalan produk saat digunakan oleh pelanggan, atau pengguna akhir. Identifikasi potensi FIELD FAILURE merupakan parameter-parameter potensial di proses dimana produk bisa gagal berfungsi Selengkapnya »

TEMPORARY CHANGE DI IATF 16949

TEMPORARY CHANGE DI IATF 16949

Maksud dari TEMPORARY CHANGE/ ALTERNATE METHOD ini sama dengan perubahan sementara. Alternate Change ini biasa dilakukan di pelaksanaan test/uji, adanya pemakaian error-proving di suatu proses. Misalkan, ada alat chek error-proving yang  rusak, Selengkapnya »

ATURAN LABOLATORIUM EXTERNAL DI IATF 16949

ATURAN LABOLATORIUM EXTERNAL DI IATF 16949

Pembahasan tulisan ini terkait Perubahan yang ada di pasal Labolatorium Eksternal (SI 7.1.5.3.2), perubahan itu menghilangkan pernyataan approval pelanggan untuk Labolatorium External. Artinya assessment Labolatorium External bisa tidak diperlukan lagi dan bahkan Selengkapnya »

MEMPUNYAI CONTINGENCY PLAN PANDEMI ITU DIPERSYARATKAN IATF 16949

MEMPUNYAI CONTINGENCY PLAN PANDEMI ITU DIPERSYARATKAN IATF 16949

Pandemi semoga jadi Endemi, walau ada lagi Virus Omicron BA 4 dan BA-5. Sebelumnya ada kabar juga dari WHO mengenai penyakit Liver yang belum ada vaksinasinya.  Berbicara Pandemi, juga dibahas di pasal Selengkapnya »

DEVELOPMENT SUPPLIER DI SISTEM IATF 16949

DEVELOPMENT SUPPLIER DI SISTEM IATF 16949

Dalam pabrik dengan sistem IATF 16949, dipersyaratkan sistem Manajemen Suppliernya  bukan lagi dalam bentuk pemenuhan ISO 9001, tetapi diharuskan minimum tersertifikasi ISO 9001 (yang disertifikasi pihak ke-3), ketentuan ini bisa dikecualikan asal Selengkapnya »

TIPS PENANGANAN PRODUK PASS THROUGH

TIPS PENANGANAN PRODUK PASS THROUGH

Part yang dibuat perusahaan kami itu nantinya dikirim lagi oleh customer-langsung kami ke perusahaan yang merupakan Tier-1 OEM terbesar. Selama ini Customer-Langsung kami kami tidak melakukan apa pun dengan komponen itu; mereka Selengkapnya »

ALASAN MENDASAR KENAPA AUDIT INTERNAL HARUS DILAKUKAN!

ALASAN MENDASAR KENAPA AUDIT INTERNAL HARUS DILAKUKAN!

Internal Audit dalam sistem manajemen apapun dinyatakan dengan kata SHALL, ya maksudnya HARUS. Alasan di belakang itu karena Internal audit merupakan media yang efektif untuk memberikan arahan ke manajemen untuk bertindak dan Selengkapnya »

 

MENYELESAIKAN AKAR MASALAH DI PEKERJAAN ITU MODAL INVESTASI NANTI

Saya teringat ketika Bos Jepang saya mengatakan langsung kepada saya, bekerja sungguh-sungguh itu adalah modal investasi. Kalau investasi itu adalah uang/materi yang akan nanti saya dapatkan, tetapi saya tidak yakin dengan bekerja saat itu dapat punya investasi, spt tabungan besar, rumah atau tanah. Kalau Bos Jepang saya sih mungkin saja, gajinya bisa puluhan ribu USD.  Tetapi Saya tidak stop untuk berpikir pernyataan bos Jepang saya ini, dan saya baru sadari ketika saya diberi tugas mengurusi masalah-masalah  di pabrik, seperti menangani: barang reject, komplain pelanggan dan masalah-masalah lain di proses.  Menyelesaikan masalah itu dituntut kreatif, mesti cari tahu, sabar dan tidak boleh berhenti, dan bahkan pernah ada masalah yang dilanjutkan ke riset di universitas, malah saya sendiri yang ke sana, saya terus mencari penyebab masalahnya, sampai dapat!

Saya baru paham bahwa kegagalan itu adalah hal yang biasa dalam berusaha, malah yang aneh itu adalah yang langsung berhasil, langsung profit besar, langsung profit besar itu bukan science, karena tidak berlaku bagi semua orang. Lalu yang sering gagal itu ya memang science dan fakta yang biasanya terjadi. Bagaimana saya dapat setuju dengan sikap ini? Hal ini memang karena saat mengurusi masalah di pekerjaan , sering gagal juga, bukan? Mengurusi masalah itu pasti : perlu analisa yang tepat, kesabaran baik menunggu hasil ataupun menghadapi rekan kerja lain yang mungkin ½ hati atau tidak mendukung.  Nah kita mesti tetap berdiri teguh, memberi hati, kalaupun gagal , ya cari lagi analisa yang lain dan tunggu hasilnya sampai beberapa lama sampai dipastikan masalah berkurang (pakai trend data) dan hadapi rekan-rekan yang ½ hati atau tidak mendukung itu lagi.  Menurut saya ini sikap yang dibutuhkan untuk modal investasi itu, dan itu hanya bisa diperoleh jika kita terlibat.

Bagaimana  bisa terealisasi prinsip yang mengatakan masalah adalah suatu investasi atau bisa menjadi pengetahuan Organisasi? Ikutilah beberapa prinsip ini saat masalah itu terjadi:

  1. PERGI DAN LIHAT SENDIRI UNTUK MEMAHAMI SITUASI SEBENARNYA (genchi genbutsu).
    • Selesaikan masalah dan tingkatkan proses dengan datang ke sumber permasalahan dan secara pribadi mengamati dan memverifikasi data dan bukan hanya berteori berdasarkan apa yang dikatakan orang lain atau yang ditunjukkan di layar komputer.
    • Berpikirlah dan berbicaralah berdasarkan data yang telah Anda verifikasi sendiri.
    • Bahkan para manajer dan eksekutif tingkat tinggi harus kita paksa juga untuk pergi dan melihat sendiri masalah yang ada, sehingga mereka akan memiliki lebih dari sekedar pemahaman yang dangkal terhadap situasi.
    • BUAT KEPUTUSAN SECARA PERLAHAN-LAHAN MELALUI KONSENSUS, pertimbangkan semua pilihan dengan seksama; kemudian implementasikan keputusan itu dengan sangat cepat.
    • Jangan mengambil satu arah tunggal saja dan menjalankan yang satu itu saja sebelum Anda mempertimbangkan seluruh alternatif dengan seksama. Setelah Anda memilih, jalankan dengan cepat tapi hati-hati. Gunakan Tool baiknya seperti FTA, FMEA dll Identifikasi semua penyebab dan potensial action dan coba lakukan satu persatu. INGAT SATU MALAH BUKAN DISEBABKAN OLEH SATU PENYEBAB JUGA
    • LIBATKAN SEMUA PIHAK YANG TERKENA DAMPAK UNTUK SALING KASIH SOLUSI. Nemawashi adalah proses untuk membahas masalah dan potensi solusinya dengan semua pihak yang terkena dampak oleh masalah tersebut, untuk mengumpulkan ide-ide dari mereka, dan untuk mendapatkan persetujuan mengenai langkah mana yang perlu diambil. Proses konsensus ini, meskipun menghabiskan banyak waktu, membantu memperluas pencarian solusi, dan ketika keputusan telah diambil, kondisi telah siap untuk di implementasikan dengan cepat.
  2. PAHAMI BAHWA PERUSAHAAN KITA ADALAH MEDIA EFEKTIF UNTUK BELAJAR, hal ini karena WAKTU SADAR KITA YANG TERLAMA ADALAH DI PERUSAHAAN. Apalagi dengan adanya departemen lain yang memberikan feedback, tentu dengan syarat kita mau melalui refleksi diri tanpa kompromi (hansei) dan terus berkaizen, minimal dengan:
    • STABILKAN PROSES DULU, dengan memastikan HAL YANG HARUS DILAKUKAN, Maksudnya TIDAK USAH KREATIF dengan ide-ide baru, cukup lihat APAKAH YANG STANDARD SUDAH DILAKUKAN? Bila sudah semua gunakan tool improvement spt FTA, FMEA dll untuk mencari akar penyebab inefisiensi dan terapkan cara penanggulangan dengan efektif.
    • Identifikasi semua proses yang TIDAK BERNILAI DAN TIDAK PENTING, cara ini super murah tetapi pengaruhnya sangat besar. Kalau ini dilakukan secara serius maka akan membuat waktu dan sumber daya yang disia-siakan menjadi kelihatan jelas bagi semua orang. Ketika pemborosan terlihat, biarkan karyawan menggunakan proses peningkatan berkesinambungan (kaizen) untuk menghilangkannya.
    • LATIH STAFMU, JANGAN PELIT KE MEREKA, kita yang mengajar itu akan lebih banyak mendapatkan inputan melalui keterlibatan kita di setiap masalah timbul, dan ingat mendampingi mulai dari training sampai ke praktek penyelesaian masalah adalah metoda yang paling efektif meningkatkan skill. Dan pada akhirnya STAF kita bisa bekerja dengan baik dan ini membantu kita. Dan jang lupa lakukan promosi secara perlahan juga ke mereka yang sungguh-sunguh memberikan hatinya ke project-project penting.
    • ANALISA SETIAP PROJECT, gunakan hansei (refleksi diri) pada tahap-tahap penting dan setelah Anda menyelesaikan suatu proyek untuk secara terbuka mengidentifikasikan semua kelemahan dari proyek itu. Kembangkan jalan keluar untuk menghindari kesalahan yang sama. Catat semua masalah yang baru dan pahami terus action-actionnya
    • LAKUKAN STANDARISASI. Belajar dengan menstandardisasikan praktik-praktik terbaik, dan bukan menemukan ulang hal yang sama dengan setiap proyek baru.

 

www.improvementqhse.com

bila ada yang ingin mengikuti training Root Cause Analisis, silahkan hubungi kontak 08777-178-1334. Kami gunakan panduan khusus CGI-20 EFFECTIVE PROBLEM SOLVING GUIDE dan AIAG&VDA FMEA

 

Open chat
Need Help?
hello, ada yang bisa kami bantu?

oh ya bapak/ibu, kami ada layanan Improvement di Proses, namanya Free Assessment Proses, dilakukan 1-2 hari, cukup dengan mengganti akomodasi Konsultannya saja, tertarik?
639 views