JAM TAMBAHAN AUDIT SERTIFIKASI IATF 16949 

JAM TAMBAHAN AUDIT SERTIFIKASI IATF 16949 

Untuk mendukung metodologi penghitungan hari audit berbasis risiko, IATF telah memutuskan agar lembaga sertifikasi memfokuskan lebih banyak waktu pada masalah kinerja yang menimbulkan risiko bagi pelanggan, untuk mendukung persyaratan Peraturan IATF Edisi Selengkapnya »

IATF 16949 MENCAKUP SEMUA SUKU CADANG SERVIS/PENGGANTI

IATF 16949 MENCAKUP SEMUA SUKU CADANG SERVIS/PENGGANTI

Artikel ini menjelaskan terkait perubahan ketentuan perusahaan yang bisa disertifikasi IATF 16949., kami pernah juga memberikan link tulisan yang hampir sama terkait part after market yang manufaktur(pabrik)nya bisa disertifikasi IATF 16949, baca Selengkapnya »

ALASAN DAN KETENTUAN SPECIAL AUDIT SISTEM IATF 16949

ALASAN DAN KETENTUAN SPECIAL AUDIT SISTEM IATF 16949

Lembaga sertifikasi melakukan SPECIAL AUDIT terhadap klien yang disertifikasi untuk: untuk menyelidiki keluhan kinerja sebagai respons terhadap perubahan sistem manajemen mutu klien perubahan signifikan di situs klien; akibat sertifikat yang ditangguhkan untuk Selengkapnya »

BAGAIMANA KOMPETENSI AUDITOR IATF 16949 DARI BADAN SERTIFIKASI KITA?

BAGAIMANA KOMPETENSI AUDITOR IATF 16949 DARI BADAN SERTIFIKASI KITA?

Artikel ini respon dari perubahan Rules for achieving and maintaining IATF Recognition IATF Rules 5th Edition yang nantinya akan menjadi edisi ke-6 Di point perubahan  Rules for achieving and maintaining IATF Recognition IATF Selengkapnya »

INTERNAL AUDIT KURANG PAS KALAU BELUM MENGACU KE ISO 19011,

INTERNAL AUDIT KURANG PAS KALAU BELUM MENGACU KE ISO 19011,

Di pasal 7.23 IATF 16949 tentang Kompetensi Internal Auditor, dinyatakan bahwa HARUS ada proses yang terdokumentasi untuk memverifikasi kompetensi auditor, kemudian dinyatakan lagi lihat ISO 19011. Pertanyaannya bentuk Dokumen yang sesuai referensi Selengkapnya »

PART AFTER MARKET KINI MASUK RUANG LINGKUP SISTEM IATF 16949

PART AFTER MARKET KINI MASUK RUANG LINGKUP SISTEM IATF 16949

The IATF decided to modify the eligibility requirements to include all service/replacement parts. Sebelumnya dalam tulisan kami di link https://www.improvementqhse.com/7-tips-untuk-siap-mempunyai-sistem-iatf-16949/, menyatakan bahwa jenis produk untuk sistem IATF 16949 bukan termasuk SPARE PART, Selengkapnya »

UPDATE CSR GM – PENGALAMAN PIHAK LAIN ADALAH GURU YANG PALING BAIK

UPDATE CSR GM – PENGALAMAN PIHAK LAIN ADALAH GURU YANG PALING BAIK

Mengenai apakah dan konsep CSR, bisa dilihat di link ini: https://www.improvementqhse.com/customer-requirement-cr-dan-customer-specific-requiement-csr-2/ Ketika ada CSR yang berubah, misalkan dari General Motor, pasti perubahan ini disebabkan suatu hal dan tujuannya memperbaiki sistem yang saat Selengkapnya »

BAGAIMANA ASPEK KOMPETENSI BISA BIKIN GAGAL AUDIT?

BAGAIMANA ASPEK KOMPETENSI BISA BIKIN GAGAL AUDIT?

Pembahasan ini diambil dari SI 7.2.1 Automotive Certification Scheme for IATF 16949 Perlu ditetapkan dan dijalankan cara mengidentifikasi pelatihan dan Kesadaran dan pencapaian kompetensi semua pekerja, terutama yang langsung mempengaruhi persyaratan produk dan Selengkapnya »

PAHAMI 4 DOKUMEN (MANUAL) INI DULU DARIPADA GAGAL SERTIFIKASI IATF 16949

PAHAMI 4 DOKUMEN (MANUAL) INI DULU DARIPADA GAGAL SERTIFIKASI IATF 16949

1 RULES FOR ACHIEVING AND MAINTAINING IATF RECOGNITION Beberapa waktu lalu ada calon client kami, yang membuat part untuk kendaraan, dan ingin mendapatkan sertifikasi IATF 16949, kami saat itu diundang untuk presentasi Selengkapnya »

MEMBUAT CONTINGENCY YANG EFEKTIF

MEMBUAT CONTINGENCY YANG EFEKTIF

MEMBUAT CONTINGENCY YANG EFEKTIF PERTANYAAN dari FAQ tentang Contingency Plan (https://www.iatfglobaloversight.org/wp/wp-content/uploads/2022/05/IATF-16949-FAQs_May-2022.pdf) Apa langkah kunci untuk mengembangkan Contingency Plan yang efektif?   JAWAB Perusahaan diharuskan untuk menunjukkan bahwa ia telah dikembangkan dan diimplementasikan Selengkapnya »

 

IATF AUDITOR GUIDANCE FOR IATF 16949

Apakah Tujuan dari Manual IATF AUDITOR GUIDANCE FOR IATF 16949 ini:
Sebenarnya apa yang diminta auditor melalui pelaksanaan audit Badan Sertifikasi IATF 16949 di perusahaan kita, salah satu guidancenya adalah tuntutan dari manual ini. Tujuannya secara specific dari manual ini adalah untuk menjelaskan Langkah-langkah dan persyaratan kompetensi auditor IATF 16949 plus manual ini juga mempertajam maksud dari Manual RULES FOR ACHIEVING AND MAINTAINING IATF RECOGNITION (sekarang edisi 5th)

Apa perubahan UTAMA dari IATF AUDITOR GUIDANCE FOR IATF 16949 versi-3 sebelumnya?
Perubahannya menyelaraskan kompetensi auditor IATF 16949 yang penting, menambahkan kreteria kompetensi pada aspek NC Manajemen termasuk pada panduan penulisan dan kreteria ketidaksesuaian. Memperluas pemahaman definisi pengetahuan dan persyaratan kompetensi FMEA, MSA dan Tool Statistik dan Control plan pada Audit Persyaratan Pelanggan dan Coretool.
Sebenarnya kalau perusahaan kita sudah disertifikasi atau diaudit pada tahun ini maka kita rasakan pada penekanan auditor IATF 16949 saat bertanya mengenai aspek di atas itu. dan dari informasi beberapa client kami terasa lebih dalam pertanyaannya, ada yang mengatakan auditornya makin cerewet, apa-apa saja jadi temuan, ya sebenarnya itu dituntut dari IATF AUDITOR GUIDANCE FOR IATF 16949 ini.

Haruskan pabrik kita mempunyai Manual ini?
TIDAK, karena manual ini khusus untuk para auditor IATF 16949.
TETAPI kalau kita punya manual ini maka kita akan lebih memahami sistem IATF 16949, bahkan mempunyai persepsi yang sama dengan bapak/ibu Auditor IATF 16949, selain dibahas kompetensi di tiap aktifitas, juga dijelaskan untuk tiap aktifitas pengetahuan-pengetahuan apa yang diperlukan baik di stage-1 dan stage-2. Dan di section-3 pada manual yang menjelaskan detail hal-hal yang penting yang dibutuhkan selama audit (KRETERIA PENTING KOMPETENSI AUDIT). Di Section-3 ini ada kolom harapan yang diinginkan, Pengetahuan dan Skill untuk setiap kompetensi audit yang Essential dan General. Dengan memahami ini pasti akan memberikan wawasan yang sangat baik selain pemahaman sistem IATF 16949 juga bisa untuk memperbaiki proses di pabrik kita melalui audit. Jadi baiknya perlu dimiliki tetapi tidak HARUS.

Kalau disebut mempertajam, sebenarnya apa bedanya manual IATF AUDITOR GUIDANCE FOR IATF 16949 dengan Rules for Achieving dan Maintaining IATF 16949 Recognition? Ini perlu kita miliki juga?
Sudah disebutkan di atas bahwa Manual IATF AUDITOR GUIDANCE FOR IATF 16949 ini bukan mengganti Rules for Achieving dan Maintaining IATF 16949 Recognition, tetapi malah mempertajam karena Rules for Achieving dan Maintaining IATF 16949 Recognition isinya aktifitas dan aturan-aturan Siklus Sertifikasi mulai dari dibuatkan kontrak dengan Badan Sertifikasi sampai dengan kegiatan audit Sertifikasi/ReSertifikasi atau survailance.
Mengenai perlu atau tidak, sebenarnya di Rules for Achieving dan Maintaining IATF 16949 Recognition menjelaskan ketentuan bagi Badan Sertifikasi dan Perusahaan kita memperoleh atau mempertahankan sistem IATF 16949. Kalau saran dari kami, sebaiknya dimiliki saja, ini juga memperkaya pengetahuan dan meningkatkan pemahaman kita mengenai standard IATF 16949 dan sangat berpotensi meningkatkan kemampauan kita memperbaiki proses di perusahaan melalui audit internal atau kita mempunyai pemahaman yang lebih luas tentang sistem IATF 16949.

Kalau perusahaan bapak dan ibu ingin memiliki dua standard ini, silahkan saja langsung ke aiag, bila ada kendala kesulitan akses atau pertimbangan komersial (karena harga lebih mahal karena bukan member) silahkan hubungi kami di 08777-178-1334.
Salam www.improvementqhse.com

Open chat
Need Help?
hello, ada yang bisa kami bantu?

oh ya bapak/ibu, kami ada layanan Improvement di Proses, namanya Free Assessment Proses, dilakukan 1-2 hari, cukup dengan mengganti akomodasi Konsultannya saja, tertarik?
1.751 views