JAM TAMBAHAN AUDIT SERTIFIKASI IATF 16949 

JAM TAMBAHAN AUDIT SERTIFIKASI IATF 16949 

Untuk mendukung metodologi penghitungan hari audit berbasis risiko, IATF telah memutuskan agar lembaga sertifikasi memfokuskan lebih banyak waktu pada masalah kinerja yang menimbulkan risiko bagi pelanggan, untuk mendukung persyaratan Peraturan IATF Edisi Selengkapnya »

IATF 16949 MENCAKUP SEMUA SUKU CADANG SERVIS/PENGGANTI

IATF 16949 MENCAKUP SEMUA SUKU CADANG SERVIS/PENGGANTI

Artikel ini menjelaskan terkait perubahan ketentuan perusahaan yang bisa disertifikasi IATF 16949., kami pernah juga memberikan link tulisan yang hampir sama terkait part after market yang manufaktur(pabrik)nya bisa disertifikasi IATF 16949, baca Selengkapnya »

ALASAN DAN KETENTUAN SPECIAL AUDIT SISTEM IATF 16949

ALASAN DAN KETENTUAN SPECIAL AUDIT SISTEM IATF 16949

Lembaga sertifikasi melakukan SPECIAL AUDIT terhadap klien yang disertifikasi untuk: untuk menyelidiki keluhan kinerja sebagai respons terhadap perubahan sistem manajemen mutu klien perubahan signifikan di situs klien; akibat sertifikat yang ditangguhkan untuk Selengkapnya »

BAGAIMANA KOMPETENSI AUDITOR IATF 16949 DARI BADAN SERTIFIKASI KITA?

BAGAIMANA KOMPETENSI AUDITOR IATF 16949 DARI BADAN SERTIFIKASI KITA?

Artikel ini respon dari perubahan Rules for achieving and maintaining IATF Recognition IATF Rules 5th Edition yang nantinya akan menjadi edisi ke-6 Di point perubahan  Rules for achieving and maintaining IATF Recognition IATF Selengkapnya »

INTERNAL AUDIT KURANG PAS KALAU BELUM MENGACU KE ISO 19011,

INTERNAL AUDIT KURANG PAS KALAU BELUM MENGACU KE ISO 19011,

Di pasal 7.23 IATF 16949 tentang Kompetensi Internal Auditor, dinyatakan bahwa HARUS ada proses yang terdokumentasi untuk memverifikasi kompetensi auditor, kemudian dinyatakan lagi lihat ISO 19011. Pertanyaannya bentuk Dokumen yang sesuai referensi Selengkapnya »

PART AFTER MARKET KINI MASUK RUANG LINGKUP SISTEM IATF 16949

PART AFTER MARKET KINI MASUK RUANG LINGKUP SISTEM IATF 16949

The IATF decided to modify the eligibility requirements to include all service/replacement parts. Sebelumnya dalam tulisan kami di link https://www.improvementqhse.com/7-tips-untuk-siap-mempunyai-sistem-iatf-16949/, menyatakan bahwa jenis produk untuk sistem IATF 16949 bukan termasuk SPARE PART, Selengkapnya »

UPDATE CSR GM – PENGALAMAN PIHAK LAIN ADALAH GURU YANG PALING BAIK

UPDATE CSR GM – PENGALAMAN PIHAK LAIN ADALAH GURU YANG PALING BAIK

Mengenai apakah dan konsep CSR, bisa dilihat di link ini: https://www.improvementqhse.com/customer-requirement-cr-dan-customer-specific-requiement-csr-2/ Ketika ada CSR yang berubah, misalkan dari General Motor, pasti perubahan ini disebabkan suatu hal dan tujuannya memperbaiki sistem yang saat Selengkapnya »

BAGAIMANA ASPEK KOMPETENSI BISA BIKIN GAGAL AUDIT?

BAGAIMANA ASPEK KOMPETENSI BISA BIKIN GAGAL AUDIT?

Pembahasan ini diambil dari SI 7.2.1 Automotive Certification Scheme for IATF 16949 Perlu ditetapkan dan dijalankan cara mengidentifikasi pelatihan dan Kesadaran dan pencapaian kompetensi semua pekerja, terutama yang langsung mempengaruhi persyaratan produk dan Selengkapnya »

PAHAMI 4 DOKUMEN (MANUAL) INI DULU DARIPADA GAGAL SERTIFIKASI IATF 16949

PAHAMI 4 DOKUMEN (MANUAL) INI DULU DARIPADA GAGAL SERTIFIKASI IATF 16949

1 RULES FOR ACHIEVING AND MAINTAINING IATF RECOGNITION Beberapa waktu lalu ada calon client kami, yang membuat part untuk kendaraan, dan ingin mendapatkan sertifikasi IATF 16949, kami saat itu diundang untuk presentasi Selengkapnya »

MEMBUAT CONTINGENCY YANG EFEKTIF

MEMBUAT CONTINGENCY YANG EFEKTIF

MEMBUAT CONTINGENCY YANG EFEKTIF PERTANYAAN dari FAQ tentang Contingency Plan (https://www.iatfglobaloversight.org/wp/wp-content/uploads/2022/05/IATF-16949-FAQs_May-2022.pdf) Apa langkah kunci untuk mengembangkan Contingency Plan yang efektif?   JAWAB Perusahaan diharuskan untuk menunjukkan bahwa ia telah dikembangkan dan diimplementasikan Selengkapnya »

 

KONSEP SEVERITY AIAG VDA FMEA

KONSEP SEVERITY DI AIAG VDA FMEA (1 of 3)

Severity atau “keparahan” diartikan sebagai “keseriusan sesuatu yang buruk atau tidak menyenangkan. Terkait Severity di FMEA adalah “Keparahan” adalah nilai peringkat yang dikaitkan dengan dampak paling serius untuk mode kegagalan tertentu, berdasarkan kriteria dari skala tingkat keparahan. Ini adalah peringkat relatif dalam lingkup FMEA tertentu dan ditentukan tanpa memperhatikan kemungkinan terjadinya atau deteksi. Di AIAG VDA-FMEA baik P-FMEA dan D-FMEA mempunyai penilaian table Severity yang sama. Ada 3 hal efek yang perlu dipertimbangkan dalam penilaian: ke-1. Dampak di site di mana produksi/Asembly atau jasa dilakukan, Dampak ke-2 terkait pengiriman ke customer dan ke-3 ke pengguna Kendaraan. Pengisiannya sangat mudah tinggal melihat kolom tabelnya saja.  Untuk artikel ini mengangkat prinsip penilaian severity di plant. Untuk dampak ke pengiriman ke customer dan pengguna kendaraan akan dilanjutkan di link artikel selanjutnya.

  1. IMPACT TO YOUR PLANT, ini menilai dampak di site di mana produksi/asembly/jasa dilakukan.
    • Kategori High, nilai nya bisa 10 atau 9. Kunci penilaian ke ketegori High adalah bila efek berdampak pada Keselamatan/Kesehatan dan pemenuhan peraturan. Nilai 10 apabila kegagalan mengakibatkan fatal ke Kesehatan dan atau risiko keselamatan pekerja, sedangkan nilai 9 terkait dengan pemenuhan peraturan.
    • Kategori Cukup High, bernilai 8 atau 7. Kunci penilaian ketegori Efek Cukup High, melihat apakah produk di scrapped semua atau sebagian. Bila produk discrapped semua dan mempunyai dampak ke regulasi dan Kesehatan/safety makan bernilai 8, sedangkan nilai severity 7 kita berikan ketika sebagian di scrapped dan ada kendala di proses utama, penurunan speed atau perlu penambahan pekerja
    • Kategori Moderate Low, bernilai 6, 5 dan 4. Kunci penilaian efek moderate low adalah adanya dampak ke pekerjaan reworked. Nilai severity 6 kita berikan bila semua produk direworked secara offline dan bisa diterima. Sedangkan nilai severity 5 ada sebagian produk dirework secara offline dan bisa diterima sedangkan kategori 4 adalah produk semua direworked di area sebelum produk diproses
    • Kategori Low, bernilai 3 dan 2. Kunci efek kategori Low ini adalah dampak adanya gangguan kecil, baik terkait produk rework, gangguan ke operator, proses dan langkah kerja. Nilai 3 bila ada rework sebagian sebelum di proses, sedangkan nilai 2 ada gangguan kecil ke operator, proses dan langkah kerja
    • Ketageri Very Low, bernilai 1. Kunci efek ini adalah bila nilai tidak ada efek yang terlihat.

 

Salam AIAG VDA FMEA

www.improvementqhse.com

 

Open chat
Need Help?
hello, ada yang bisa kami bantu?

oh ya bapak/ibu, kami ada layanan Improvement di Proses, namanya Free Assessment Proses, dilakukan 1-2 hari, cukup dengan mengganti akomodasi Konsultannya saja, tertarik?
307 views