YANG DI-SPC-KAN JANGAN HANYA YANG SPECIAL CHARACTERISTIC SAJA (Sharing Update CSR RENAULT)

YANG DI-SPC-KAN JANGAN HANYA YANG SPECIAL CHARACTERISTIC SAJA (Sharing Update CSR RENAULT)

ini tulisan dari client yang mendapatkan CSR baru Renault. Berdasarkan udate CSR Renault dari https://www.iatfglobaloversight.org/wp/wp-content/uploads/2021/01/Groupe-Renault_CSR-V2020.pdf . Ada beberapa hal yang belum ditentukan dalam sistem yang diterapkan di perusahaan kami, seperti di table Selengkapnya »

LAYERED PROCESS AUDITS (LPA)

LAYERED PROCESS AUDITS (LPA)

Layered Process Audit (LPA), adalah proses yang menjamin adanya kesesuaian prosedur kerja dan pelaksanaan, memang hampir sama dengan audit-audit internal yang dilakukan, tetapi sebenarnya sifatnya bukannya mengaudit, melainkan memverifikasi. Memverifikasi artinya memastikan Selengkapnya »

PAHAMI UJI t MAKA PASTI PAHAM STUDI BIAS

PAHAMI UJI t MAKA PASTI PAHAM STUDI BIAS

Untuk memahami pelaksanaan Studi Bias ini kita perlu memahami statistik mengenai Uji t. Uji t adalah uji yang digunakan untuk pengujian Hipotesa dari suatu nilai kelompok data atau pengujian hipotesa dua kelompok Selengkapnya »

TIDAK HANYA CUKUP DARI MANUAL IATF 16949 AGAR BISA LULUS SERTIFIKASI SISTEM IATF 16949

TIDAK HANYA CUKUP DARI MANUAL IATF 16949 AGAR BISA LULUS SERTIFIKASI SISTEM IATF 16949

Ketika istilah mutu mulai berubah dengan penekanan  persyaratan produk (bukan hanya  fisik produknya saja), maka kami melihat bahwa berpikir integrasi itu sangat perlu, ya karena definisi produk berkualitas dilihat dari semua aspek. Selengkapnya »

TEMUAN AUDIT IATF 16949 YANG SERING SAAT AUDIT

TEMUAN AUDIT IATF 16949 YANG SERING SAAT AUDIT

Berikut adalah temuan-temuan IATF 16949 dan ISO/TS 16949 oleh badan sertifikasi yang kami rekap di beberapa client kami (lebih dari 40 perusahaan), min 5 jenis temuan yang sama terjadi maka kami masukkan Selengkapnya »

IATF AUDITOR GUIDANCE FOR IATF 16949

IATF AUDITOR GUIDANCE FOR IATF 16949

Apakah Tujuan dari Manual IATF AUDITOR GUIDANCE FOR IATF 16949 ini: Sebenarnya apa yang diminta auditor melalui pelaksanaan audit Badan Sertifikasi IATF 16949 di perusahaan kita, salah satu guidancenya adalah tuntutan dari Selengkapnya »

LAYANAN KAMI

LAYANAN KAMI

PT. Rimar Solusi Tangguh Konsultan Improvement dan sistem MK3L Jl Arjuna Blok B No 29, Galaksi 17147 0813 8438-0326 / 08777-178-1334 www.improvementqhse.com binapuraconsulting@gmail.com Improvementqhse@gmail.com Group WA: IATF-16949 Indonesia LAYANAN Improvement Program at Selengkapnya »

LIST MANUAL SPECIAL PROSES

LIST MANUAL SPECIAL PROSES

Manual ini sangat bermamfaat secara teknis untuk meningkatkan performance Industri Manufaktur yang mempunyai special proses, manual ini berupa point-point review pertanyaan dan bagaimana menilai special proses dan sangat baik dipakai untuk acuan Selengkapnya »

IATF 16949:2016 – SANCTIONED INTERPRETATIONS, OKTOBER 2020

IATF 16949:2016 – SANCTIONED INTERPRETATIONS, OKTOBER 2020

Berikut kami sampaikan perubahan IATF 16949:2016 berdasarkan Sanctioned Interpretations, SI 19 issued in August 2020, effective October 2020: Definisi pelanggan harus dipertegas, bisa saja pelanggan itu adalah OEM, yang nantinya merakit part, Selengkapnya »

LAYANAN REVIEW IMPLEMENTASI CORETOOLS IATF 16949 (ONLINE /ONSITE)

LAYANAN REVIEW IMPLEMENTASI CORETOOLS IATF 16949 (ONLINE /ONSITE)

Bagi perusahaan yang ingin memastikan keefektifan implmentasi Coretoolnya, silahkan mengikuti program REVIEW IMPLEMENTASI CORETOOLS IATF 16949. Program ini: Ditujukan Bagi perusahaan yang sudah mengimplementasikan Coretools IATF 16949 (APQP,PPAP, FMEA +Control Plan, SPC, Selengkapnya »

 

PAHAMI UJI t MAKA PASTI PAHAM STUDI BIAS

Untuk memahami pelaksanaan Studi Bias ini kita perlu memahami statistik mengenai Uji t. Uji t adalah uji yang digunakan untuk pengujian Hipotesa dari suatu nilai kelompok data atau pengujian hipotesa dua kelompok data, jadi bisa menguji nilai tengah dua populasi dengan target (master) atau membandingkan nilai rata-rata dari dua populasi apakah ada perbedaan atau tidak.

Kelompok uji t dapat digambarkan seperti ini:

  1. Pengujian 1 populasi
  2. Pengujian 2 populasi
    • Populasi yang berpasangan
    • Pupulasi yang saling bebas

Yang dipakai di Studi Bias ini adalah uji-t 1 populasi, dimana dibandingkan satu nilai populasi terhadap satu nilai (master). Untuk yang pengujian yang 2 populasi berpasangan ini biasa dipakai saat ada hasil perbaikan pada satu data populasi, jadi ada satu object atau responden yang direview rata-rata sebelum dan sesudah perbaikan dilakukan, apakah ada perubahan? Untuk populasi saling bebas itu perngujian uji t terhadap rata-rata kelompok data dari dua responden atau object yang berbeda. Misalkan membandingkan produktifitas dari dua line produksi atau membandingkan downtime dari dua mesin/line.

Syarat uji t itu ada tiga hal; dimana data yang diuji adalah: data berskala Internal atau rasio dan  terdistribusi normal, nilai sampel kecil (<30) dan nilai ragam populasi tidak diketahui .

Kapan Studi Bias Dilakukan

Studi Bias dengan metoda uji t satu populasi bisa dilakukan ketika:

  • Adanya perbedaan nilai yang diukur oleh Perusahaan kita dengan supplier/customer atau hasil pengukuran kelompok data QC dan Produksi.
  • Ada alat yang mempunyai working range yang sempit, misalkan alat height gauge yang dipakai khusus mengukur nilai sekitar 11.7-12 mm

nah untuk memahami pelaksanaan uji bias, silahkan kunjungi link ini: http://www.improvementqhse.com/bias-di-msa/

 

salam Uji t dan Studi BIAS

www.improvementqhse.com

 

222 views