YANG DI-SPC-KAN JANGAN HANYA YANG SPECIAL CHARACTERISTIC SAJA (Sharing Update CSR RENAULT)

YANG DI-SPC-KAN JANGAN HANYA YANG SPECIAL CHARACTERISTIC SAJA (Sharing Update CSR RENAULT)

ini tulisan dari client yang mendapatkan CSR baru Renault. Berdasarkan udate CSR Renault dari https://www.iatfglobaloversight.org/wp/wp-content/uploads/2021/01/Groupe-Renault_CSR-V2020.pdf . Ada beberapa hal yang belum ditentukan dalam sistem yang diterapkan di perusahaan kami, seperti di table Selengkapnya »

LAYERED PROCESS AUDITS (LPA)

LAYERED PROCESS AUDITS (LPA)

Layered Process Audit (LPA), adalah proses yang menjamin adanya kesesuaian prosedur kerja dan pelaksanaan, memang hampir sama dengan audit-audit internal yang dilakukan, tetapi sebenarnya sifatnya bukannya mengaudit, melainkan memverifikasi. Memverifikasi artinya memastikan Selengkapnya »

PAHAMI UJI t MAKA PASTI PAHAM STUDI BIAS

PAHAMI UJI t MAKA PASTI PAHAM STUDI BIAS

Untuk memahami pelaksanaan Studi Bias ini kita perlu memahami statistik mengenai Uji t. Uji t adalah uji yang digunakan untuk pengujian Hipotesa dari suatu nilai kelompok data atau pengujian hipotesa dua kelompok Selengkapnya »

TIDAK HANYA CUKUP DARI MANUAL IATF 16949 AGAR BISA LULUS SERTIFIKASI SISTEM IATF 16949

TIDAK HANYA CUKUP DARI MANUAL IATF 16949 AGAR BISA LULUS SERTIFIKASI SISTEM IATF 16949

Ketika istilah mutu mulai berubah dengan penekanan  persyaratan produk (bukan hanya  fisik produknya saja), maka kami melihat bahwa berpikir integrasi itu sangat perlu, ya karena definisi produk berkualitas dilihat dari semua aspek. Selengkapnya »

TEMUAN AUDIT IATF 16949 YANG SERING SAAT AUDIT

TEMUAN AUDIT IATF 16949 YANG SERING SAAT AUDIT

Berikut adalah temuan-temuan IATF 16949 dan ISO/TS 16949 oleh badan sertifikasi yang kami rekap di beberapa client kami (lebih dari 40 perusahaan), min 5 jenis temuan yang sama terjadi maka kami masukkan Selengkapnya »

IATF AUDITOR GUIDANCE FOR IATF 16949

IATF AUDITOR GUIDANCE FOR IATF 16949

Apakah Tujuan dari Manual IATF AUDITOR GUIDANCE FOR IATF 16949 ini: Sebenarnya apa yang diminta auditor melalui pelaksanaan audit Badan Sertifikasi IATF 16949 di perusahaan kita, salah satu guidancenya adalah tuntutan dari Selengkapnya »

LAYANAN KAMI

LAYANAN KAMI

PT. Rimar Solusi Tangguh Konsultan Improvement dan sistem MK3L Jl Arjuna Blok B No 29, Galaksi 17147 0813 8438-0326 / 08777-178-1334 www.improvementqhse.com binapuraconsulting@gmail.com Improvementqhse@gmail.com Group WA: IATF-16949 Indonesia LAYANAN Improvement Program at Selengkapnya »

LIST MANUAL SPECIAL PROSES

LIST MANUAL SPECIAL PROSES

Manual ini sangat bermamfaat secara teknis untuk meningkatkan performance Industri Manufaktur yang mempunyai special proses, manual ini berupa point-point review pertanyaan dan bagaimana menilai special proses dan sangat baik dipakai untuk acuan Selengkapnya »

IATF 16949:2016 – SANCTIONED INTERPRETATIONS, OKTOBER 2020

IATF 16949:2016 – SANCTIONED INTERPRETATIONS, OKTOBER 2020

Berikut kami sampaikan perubahan IATF 16949:2016 berdasarkan Sanctioned Interpretations, SI 19 issued in August 2020, effective October 2020: Definisi pelanggan harus dipertegas, bisa saja pelanggan itu adalah OEM, yang nantinya merakit part, Selengkapnya »

LAYANAN REVIEW IMPLEMENTASI CORETOOLS IATF 16949 (ONLINE /ONSITE)

LAYANAN REVIEW IMPLEMENTASI CORETOOLS IATF 16949 (ONLINE /ONSITE)

Bagi perusahaan yang ingin memastikan keefektifan implmentasi Coretoolnya, silahkan mengikuti program REVIEW IMPLEMENTASI CORETOOLS IATF 16949. Program ini: Ditujukan Bagi perusahaan yang sudah mengimplementasikan Coretools IATF 16949 (APQP,PPAP, FMEA +Control Plan, SPC, Selengkapnya »

 

LAYERED PROCESS AUDITS (LPA)

Layered Process Audit (LPA), adalah proses yang menjamin adanya kesesuaian prosedur kerja dan pelaksanaan, memang hampir sama dengan audit-audit internal yang dilakukan, tetapi sebenarnya sifatnya bukannya mengaudit, melainkan memverifikasi. Memverifikasi artinya memastikan apakah semua ketentuan yang dilakukan sudah dijalankan sesuai standar plus menekankan pentingnya standard, hasil auditnya diberi status yes/no saja. LPA ini memverifikasi standard-stdandar yang penting dan dilakukan  pada proses inti (core proses di perusahaan), karena sifatnya pemastian maka pelaksanaan LPA dilakukan pada lokasi proses itu.

Apalagi perbedaan LPA dengan audit yang lain, kami coba listkan agar mudah dipahami perbedaannya dengan audit internal biasa dan bisa dijadikan program yang membuat proses kerja di perusahaan menjadi efektif:

  • Auditornya bisa semua level, karena akan tergantung hal penting apa yang diverifikasi. Misalkan hal di proses Teknis Injection, maka auditornya bisa leader-leader/supervisor produksi. Nah bila auditnya di Proses Marketing, misalkan terkait dengan Proses Analisa Forecast, tentu levelnya berbeda.
  • Memverifikasi kondisi yang terjadi pada saat audit, jadi tidak menggunakan istilah PROSES YANG BENAR/AKURAT/YANG PAS, karena saat audit hanya mencapture bagaimana dengan standard kerja yang sudah ditetapkan. Jadi hasilnya dipastikan apakah lengkap dan sesuai?
  • Memverifikasi elemen kerja yang mempunyai dampak ke kualitas pada saat itu, misalkan bertanya saat audit di:
    • Area Incoming ke QC di Gudang tentang bagaimana membedakan Jenis Material Penting A dan B yang hampir sama warnanya. Jadi bukan bertanya apakah sudah ditraining atau belum tentang cara membedakan Material.
    • proses Injection, apakah pada Job Set up ada review diameter A dan kondisi Warna sesuai dengan Intruksi Kerja Injection no 123? Bukan bertanya apakah ada Job Set up atau apa yang dilakukan saat Job Set up?
    • Area Purchasing, Apakah Proses Penggantian Material yang Reject sudah dilakukan maksimal 1 minggu oleh supplier A? bukan bertanya apakah ada penggantian dan berapa batas waktu penggantian material yang rusak ditemukan di incoming?
  • Auditnya ke personal yang langsung melakukan kegiatan bukan diwakili, kalau dilihat dari schedulenya ada Proses/Departemen dan nama orang yang diaudit (mulai dari Manager sampai staff)
  • LPA lebih sering dilakukan, biasanya kegiatan ini berjalan mingguan

Untuk tujuan LPA adalah:

  • Menjamin prosedur kunci dilakukan
  • Memastikan prosedur di area kerja dilakukan
  • Memonitor eksekusi Tindakan perbaikan
  • Menjamin control proses dengan mengidentifikasi & control proses penting
  • Identifikasi improvement dan Tindakan yang efektifitas
  • Memastikan keterlibatan pekerja di kualitas, leadership dan pekerjaan

LPA ini sudah juga punya panduannya, AIAG menerbitkan dengan nama Layered Process Audits Guideline (CQI-8), bagi perusahaan yang ingin mempunyai manual ini silahkan beli langsung di aiag.org atau bisa membeli melalui kami

Salam

 

www.improvementqhse.com

185 views