ERROR PROVING DI IATF 16949

ERROR PROVING DI IATF 16949

ERROR PROVING /POKAYOKE diatur di pasal IATF 16949 pasal 10.2.4, ERROR PROVING digunakan untuk menjamin kalau kesalahan bisa terdeteksi, Kemudian kesalahan ini tentu dicari penyebab dan kemudian diperbaiki sebelum menjadi defect (NG). Selengkapnya »

JENIS CYBER ATTACK

JENIS CYBER ATTACK

Penekanannya penerapan Risk Analisis HARUS juga ke arah Ancama Cyber-Attack, pemakaian teknologi IT yang semakin luas di pekerjaan, berpotensi memberikan kendala stop line/stop supplai bila terjadi gangguan. Jadi identifikasi dulu ancaman  itu, Selengkapnya »

POTENSIAL DAN ACTUAL FIELD FAILURE

POTENSIAL DAN ACTUAL FIELD FAILURE

APAKAH FIELD FAILURE FIELD FAILURE dalam arti luas adalah kegagalan produk saat digunakan oleh pelanggan, atau pengguna akhir. Identifikasi potensi FIELD FAILURE merupakan parameter-parameter potensial di proses dimana produk bisa gagal berfungsi Selengkapnya »

TEMPORARY CHANGE DI IATF 16949

TEMPORARY CHANGE DI IATF 16949

Maksud dari TEMPORARY CHANGE/ ALTERNATE METHOD ini sama dengan perubahan sementara. Alternate Change ini biasa dilakukan di pelaksanaan test/uji, adanya pemakaian error-proving di suatu proses. Misalkan, ada alat chek error-proving yang  rusak, Selengkapnya »

ATURAN LABOLATORIUM EXTERNAL DI IATF 16949

ATURAN LABOLATORIUM EXTERNAL DI IATF 16949

Pembahasan tulisan ini terkait Perubahan yang ada di pasal Labolatorium Eksternal (SI 7.1.5.3.2), perubahan itu menghilangkan pernyataan approval pelanggan untuk Labolatorium External. Artinya assessment Labolatorium External bisa tidak diperlukan lagi dan bahkan Selengkapnya »

MEMPUNYAI CONTINGENCY PLAN PANDEMI ITU DIPERSYARATKAN IATF 16949

MEMPUNYAI CONTINGENCY PLAN PANDEMI ITU DIPERSYARATKAN IATF 16949

Pandemi semoga jadi Endemi, walau ada lagi Virus Omicron BA 4 dan BA-5. Sebelumnya ada kabar juga dari WHO mengenai penyakit Liver yang belum ada vaksinasinya.  Berbicara Pandemi, juga dibahas di pasal Selengkapnya »

DEVELOPMENT SUPPLIER DI SISTEM IATF 16949

DEVELOPMENT SUPPLIER DI SISTEM IATF 16949

Dalam pabrik dengan sistem IATF 16949, dipersyaratkan sistem Manajemen Suppliernya  bukan lagi dalam bentuk pemenuhan ISO 9001, tetapi diharuskan minimum tersertifikasi ISO 9001 (yang disertifikasi pihak ke-3), ketentuan ini bisa dikecualikan asal Selengkapnya »

TIPS PENANGANAN PRODUK PASS THROUGH

TIPS PENANGANAN PRODUK PASS THROUGH

Part yang dibuat perusahaan kami itu nantinya dikirim lagi oleh customer-langsung kami ke perusahaan yang merupakan Tier-1 OEM terbesar. Selama ini Customer-Langsung kami kami tidak melakukan apa pun dengan komponen itu; mereka Selengkapnya »

ALASAN MENDASAR KENAPA AUDIT INTERNAL HARUS DILAKUKAN!

ALASAN MENDASAR KENAPA AUDIT INTERNAL HARUS DILAKUKAN!

Internal Audit dalam sistem manajemen apapun dinyatakan dengan kata SHALL, ya maksudnya HARUS. Alasan di belakang itu karena Internal audit merupakan media yang efektif untuk memberikan arahan ke manajemen untuk bertindak dan Selengkapnya »

KINERJA BURUK AKIBAT SHORTAGE SEMIKONDUKTOR

KINERJA BURUK AKIBAT SHORTAGE SEMIKONDUKTOR

Haruskah waktu audit tambahan ditambahkan jika kinerja kartu skor OEM perusahaan buruk yang disebabkan oleh kekurangan chip semikonduktor dan bukan akibat kegagalan proses organisasi?   Jawabannya: Tidak. Memang selalu ada faktor eksternal Selengkapnya »

 

LIST MANUAL SPECIAL PROSES

Manual ini sangat bermamfaat secara teknis untuk meningkatkan performance Industri Manufaktur yang mempunyai special proses, manual ini berupa point-point review pertanyaan dan bagaimana menilai special proses dan sangat baik dipakai untuk acuan audit proses/produk di special proses manufaktur. Selain itu untuk memastikan kegiatan yang sudah berjalan sesuai dengan standar dan masukan para praktisi industry di dunia serta berpotensi besar untuk memperbaiki dan mengimprove proses kita.

Bagi perusahaan dengan sertifikat IATF 16949 atau bagi perusahaan yang mempunyai supplier yang mempunyai special proses di bawah ini, manual-manual ini sangat tepat untuk bahan review dan improvement plus meningkatkan kemampuan proses dan pemahaman pekerja.

Special proses yang kami bisa sediakan (ref AIAG) untuk proses:

  • Casting
  • Heat Treatment
  • Molding
  • Welding
  • Coating
  • Electroplating
  • Soldering

Bila perusahaan anda belum punya manual ini silahkan miliki, hubungi kami di 08777-178-1334 atau email di improvementqhse@gmail.com

No

Judul Manual Assessment (Khusus bagi perusahaan yang mempunyai special proses)

Keterangan

Versi Terakhir
1 Special Process: Casting System Assessment -CQI-27 Penilaian Sistem Pengecoran menyediakan persyaratan untuk pemasok pengecoran pengecoran otomotif OEM. Ini adalah upaya kolektif oleh pelanggan OEM dan Tier 1 untuk membuat persyaratan proses umum untuk proses pengecoran, persyaratan yang menurut pengalaman AIAG akan menguntungkan industri pengecoran untuk pelanggan otomotif OEM. Dokumen tersebut dilengkapi dengan file Excel untuk diselesaikan sebagai bagian dari penilaian. Versi-2

Maret 2018

2 Special Process: Heat Treat System Assessment 4th Edition-CQI-9-4 QI-9 4th Edition adalah audit komprehensif yang mencakup proses heat treatment paling umum yang digunakan oleh industri otomotif. Dimaksudkan untuk memberikan pendekatan umum terhadap sistem manajemen Heat Treatment untuk produksi otomotif dan layanan Jasa Heat Treatment, edisi ke-4 sekarang menyertakan praktik terbaik tambahan, bersama dengan persyaratan dan klarifikasi baru dan yang dimodifikasi untuk dipertimbangkan oleh organisasi pemasok dalam membuat penilaian sendiri. Versi-4

Juni 2020

3 Special Process: Molding System Assessment-CQI-23 AIAG’s Molding System Assessment adalah pendekatan proses umum untuk mengontrol proses pencetakan dan metodologi untuk mengevaluasi dan memulihkan proses saat ini. Ini juga memberikan praktik terbaik untuk perbaikan berkelanjutan, menekankan pencegahan cacat dan pengurangan variasi dan limbah dalam rantai pasokan, dan mencakup penilaian yang dapat diunduh dengan formulir untuk melengkapi penilaian. Versi-1

March 2014

4 Special Process: Welding System Assessment-CQI-15-2 CQI-15-2 ini d memberikan pendekatan umum pada sistem manajemen pengelasan untuk produksi otomotif dan penyedia spare part dengan proses Welding, dokumen ini menetapkan persyaratan proses untuk organisasi atau pemasoknya yang melakukan pengelasan Ferrous dan non Ferrous. Sekarang di edisi keduanya, banyak pembaruan telah dibuat termasuk penambahan pertanyaan audit pekerjaan ke Tabel Proses untuk mengurangi redundansi dan menyederhanakan aliran audit, dan penambahan dua proses tambahan: Pengelasan Proyeksi Pengikat dan Butt Busur yang Didorong Magnet (MIAB) Pengelasan Versi-2

Jan 2020

5 Special Process: Coating System Assessment-CQI-12-3 Assessment CQI-12 adalah untuk penilaian Sistem Coating dikembangkan untuk membantu mengevaluasi sistem kualitas dengan lebih baik di Proses Coating khusus yang memasok part Coating ke otomotif OEM. Sekarang dalam edisi ketiganya, Penilaian Sistem Pelapisan telah diperbarui dan direvisi untuk kejelasan yang lebih baik, dan untuk memasukkan konsep Sistem Manajemen Mutu ISO 9001: 2015 dan IATF 16949: 2016, “pendekatan proses” dan “manajemen risiko.” Peningkatan tambahan termasuk Form Builder baru, persyaratan untuk semua peralatan uji yang terkait dengan setiap proses di akhir setiap tabel proses, bagian pyrometry yang ditulis ulang dan diperluas, dan banyak lagi penambahannya yang dapat membuat proses Coating kita berjalan baik. Versi-3

Ju;y 2020

6 Special Process: Plating System Assessment-CQI-11 Pelajari persyaratan proses yang perlu diikuti Perusahaan Plating adalah untuk mengembangkan sistem manajemen Proses Plating dengan menyediakan perbaikan berkelanjutan, dengan menekankan pencegahan kerusakan dan pengurangan variasi dan pemborosan dalam rantai pasokan. Penerapan proses ini akan memungkinkan Anda untuk memenuhi persyaratan peraturan dan mengidentifikasi area perbaikan sekaligus meningkatkan kepuasan pelanggan Versi 3

Sept 2019

7 Special Process: Soldering System Assessment-CQI-17 Pelajari persyaratan proses yang perlu diikuti Perusahaan dengan Proses Solder adalah  mengembangkan sistem manajemen penyolderan yang menyediakan perbaikan berkelanjutan, dengan menekankan pencegahan cacat dan pengurangan variasi dan pemborosan dalam rantai pasokan. Penerapan proses ini akan memungkinkan Anda untuk memenuhi persyaratan peraturan dan mengidentifikasi area perbaikan sekaligus meningkatkan kepuasan pelanggan. Manual ini mencakup penilaian yang dapat diunduh dengan formulir untuk melengkapi penilaian. Versi-1

March 2010

Open chat
Need Help?
hello, ada yang bisa kami bantu?

oh ya bapak/ibu, kami ada layanan Improvement di Proses, namanya Free Assessment Proses, dilakukan 1-2 hari, cukup dengan mengganti akomodasi Konsultannya saja, tertarik?
1.737 views