LAYANAN REVIEW IMPLEMENTASI CORETOOLS IATF 16949 (ONLINE /ONSITE)

LAYANAN REVIEW IMPLEMENTASI CORETOOLS IATF 16949 (ONLINE /ONSITE)

Bagi perusahaan yang ingin memastikan keefektifan implmentasi Coretoolnya, silahkan mengikuti program REVIEW IMPLEMENTASI CORETOOLS IATF 16949. Program ini: Ditujukan Bagi perusahaan yang sudah mengimplementasikan Coretools IATF 16949 (APQP,PPAP, FMEA +Control Plan, SPC, Selengkapnya »

YANG DILAKUKAN PERUSAHAAN TERKAIT REVISI KEDUA IATF GLOBAL WAIVERS AND MEASURES IN RESPONSE TO THE CORONAVIRUS PANDEMIC (COVID-19)

YANG DILAKUKAN PERUSAHAAN TERKAIT REVISI KEDUA IATF GLOBAL WAIVERS AND MEASURES IN RESPONSE TO THE CORONAVIRUS PANDEMIC (COVID-19)

MAKSUD PERUBAHAN Dikarenakan wabah Covid-19 ini, IATF 16949 meninjau dampaknya pada skema sertifikasi IATF 16949 dengan prioritas utama adanya Keselamatan dan Kesejahteraan bagi semua orang yang terlibat dalam Skema Sertifikasi IATF 16949. Selengkapnya »

TIDAK ADA KONTROL ITU YA KORUP  MENURUT IATF 16949  PASAL 5.1.1.2 dan PASAL 5.1.13

TIDAK ADA KONTROL ITU YA KORUP  MENURUT IATF 16949  PASAL 5.1.1.2 dan PASAL 5.1.13

Setiap pekerjaan kalau tidak dikontrol maka akan timbul deviasi, didiamkan dalam waktu yang lama maka deviasi akan membesar dan susah dikembalikan ke semula alias corrupt. Deviasi yang didiamkan itu bisa terjadi karena Selengkapnya »

PERENCANAAN PROGRAM PEMBUATAN AIAG-VDA FMEA

PERENCANAAN PROGRAM PEMBUATAN AIAG-VDA FMEA

Ada beberapa indikasi penyebab  yang mengakibatkan FMEA tidak begitu memberikan masukan bagi perusahaan, Indikasi itu antara lain karena: Kurang paham proses yang dianalisa Adanya shortcut action dalam mengantisipasi masalah yang diidentifikasi Data Selengkapnya »

PUBLIK TRAINING IMPROVEMENTQHSE

PUBLIK TRAINING IMPROVEMENTQHSE

Dear all Client berikut Publik Training www.improvementqhse kita, semoga ini bisa memberikan kontribusi.  Sifat Training memperdalam konsep dan praktik materi. Keuntungan peserta training: Mendapatkan sertifikat sesuai materi Masuk ke Group IATF 16949 INDONESIA Selengkapnya »

BELI MANUAL BOOK TERKAIT IATF 16949

BELI MANUAL BOOK TERKAIT IATF 16949

BELI MANUAL BOOK TERKAIT IATF 16949 Dear client, kami menyediakan beberapa manual terkait sistem IATF 16949, sebenarnya buku/manual ini bisa langsung dibeli di aiag.org, tetapi agar tidak merepotkan aktifitas bapak/ibu dan PASTI Selengkapnya »

KOMPETENSI AUDITOR DI PERUSAHAAN SISTEM IATF 16949

KOMPETENSI AUDITOR DI PERUSAHAAN SISTEM IATF 16949

Kenapa Internal auditor sangat penting? Ya karena Audit merupakan media sangat efektif untuk memberikan arahan manajemen untuk bertindak. Audit akan mereview kesesuaian pekerjaan yang sudah diatur, apakah efektif? Bila ada proses yang Selengkapnya »

SALAH KALAU AUDIT PRODUK CHEKLISTNYA DARI CONTROL PLAN SAJA

SALAH KALAU AUDIT PRODUK CHEKLISTNYA DARI CONTROL PLAN SAJA

Beberapa kali kami temui di implementasi IATF 16949 bahwa cheksheet Audit Produk diambil dari Control Plan /PQCS saja, apakah benar demikian? SEBAIKNYA TIDAK! Ya hal ini karena control plan/PQCS belum sepenuhnya menggambarkan Selengkapnya »

FMEA, CONTROL PLAN (PQCS), RECORD DAN ANTI ERROR

FMEA, CONTROL PLAN (PQCS), RECORD DAN ANTI ERROR

Apa hubungan: FMEA, Control Plan (PQCS), Record dan Anti Error/pokayoke? Jawabannya mudah harus saling berhubungan (link), sangat mudah untuk membuat ada kaitannya, tetapi yang susah adalah menerapkannya, sama saja dengan mengatakan gampang Selengkapnya »

ADA MASALAH,  SIAPA SIH YANG MEMPERBAIKI?

ADA MASALAH, SIAPA SIH YANG MEMPERBAIKI?

Penyelesaian masalah merupakan salah satu inputan perbaikan sistem, saya menilai bahwa masalah adalah inputan yang paling bagus untuk memperbaiki sistem kerja. Ada pepatah mengatakan, Pengalaman adalah Guru yang Paling Baik, ya baik Selengkapnya »

 

BISA SAJA MSA TIDAK PERLU DILAKUKAN! BILA KITA PAHAMI JENIS DAN RISIKO SISTEM PENGUKURAN

Measurement System Analysis adalah sistem pemastian Pengukuran, tidak ada pertimbangan MSA maka sebenarnya hasil pengukurannya belum bisa kita jadikan acuan. Tetapi kebanyakan atasan langsung mempercayai hasil pengukuran langsung bahkan memberikan kesimpulan pengukuran, padahal bisa saja alat bagus (fisik bagus dan dikalibrasi) tetapi sistem pengukurannya tidak akurat dan presisi, maksudnya produk yang sudah sesuai spec kemudian diukur dengan Calliper yang sudah dikalibrasi, dikarenakan cara pengukurannya tidak benar, maka benda yang sudah sesuai spec tadi dinyatakan out of spec atau NG (Not Good). Lagi juga kalibrasi bukan jaminan bahwa alat ukur sudah bagus, bisa aja ada bias pada kondisi dan range tertentu, lihat perbedaan antara kalibrasi dan MSA di link ini:  http://www.improvementqhse.com/perbedaan-kalibrasi-tera-dan-measurement-system-analysis-msa/. Ok kita bisa simpulkan dengan kalimat ini: MSA kan dulu baru bisa percaya hasil di yakini kebenaran isi cheksheet itu.

Lalu bagaimana cara memastikan sistem pengukuran di pabrik kita sudah benar? Apakah semua sistem pengukuran harus kita lakukan MSA? Padahal IATF 16949 meminta diutamakan untuk MSA adalah karakter penting (lihat saja pasal 7.1.5.1.1 IATF 16949). Ok, pasti akan ribet kalau semua  diMSAkan, kata pekerja di pabrik: “kita kan membuat barang/produk”, di line produksi saja habis waktu, disuruh MSA  banyak parameter lagi! OK, kami mau mengatakan coba pahami MSA deh, kalau kita mempunyai persepsi yang sama tentang MSA, sebenarnya MSA tidak perlu dilakukan bila memang sistem pengukuran di tahapan proses itu bukan karakter penting dan berisiko bagi proses kita dan pelanggan.

Nah berikut tips nih, bagaimana membuat MSA praktis di  pabrik kita:

  • Pahami MSA itu bukan dilakukan tiap ada New Model ya, bisa saja MSA dilakukan ketika ditemukan NG atau ada masalah produk/proses, jadi jangan langsung menyimpulkan bahwa proses masalah, bisa saja dari sistem pengukurannya. Mindset ini harus terbentuk dulu, jadi MSA sebenarnya sama dengan bekerja membuat produk yang OK, maksudnya proses OK dan sistem pengukuran juga OK
  • Pahami bahwa ada 6 jenis MSA loh, apa saja itu? Studi Bias, studi Linierity, Studi Stability, MSA Presisi (GR&R), Studi Atribute dan Studi Atribute pada GoNoGo. Nah pahami karakter dan ketentuan 6 jenis MSA ini dulu, kapan digunakan?
  • Setelah memahami 6 jenis MSA itu, barulah buat plan MSA. Identifikasi awal dari Control plan. Kita bisa review pengukuran apa saja yang kita lakukan di pabrik kita.
  • Lakukan analisa Risiko Sistem Pengukuran, nah yang pengukuran yang berisiko tinggi atau sedang maka dibuatkan studi MSA Analisa risko terkait karekter penting dimasukkan sebagai variable nilai Risiko Pengukuran. Nah kalau ada analisa risiko ini, maka sistem kerja kita memberikan jaminan perlindungan ke produk kita dan bahkan pasti melebihi ketentuan di standard IATF 16949. Btw bisa saja nilai Risikonya rendah semua dan kita tidak perlu lakukan MSA.  Tetapi hemat kami, tetap dilakukan juga saja MSA nya, disayangkan bila implementasi MSA tidak dijalankan, minimal lakukan MSA untuk alat (Studi: Bias, Linierity dan Stability).
  • Pahami Statistical Process Control (SPC) dalam menganalisa risiko. SPC menjadi acuan untuk memberikan informasi variasi proses dan dimana posisi variasi proses terhadap spesifikasi. Acuan spesifikasi  dan variasi proses/produk akan memberikan informasi risiko pengukuran. Hematnya, jangan sampai karena variasi pengukuran yang besar maka benda dengan nilai benar “SESUAI”, dinyatakan “TIDAK SESUAI” dan sebaliknya.

Jadi sebenarnya bila MSA diPLANkan dengan benar, maka akan mudah mengidentifikasi jenis MSA apa saja yang dijalankan dan perusahaan mempunyai acuan yang jelas kapan MSA itu dilakukan.  Kebanyakan yang kami temukan di implementasi MSA: MSA itu tidak terplanning, belum diidentifikasi dari control plan dan pelaksanaan mengikuti maunya customer atau sesuai hanya dengan special karakter produk saja, bahkan ada beberapa perusahaan mengatakan bahwa MSA itu ya studi menghasilkan nilai GR&R saja.

Nah yuk review sistem pengukuran di tempat kita. Mau bertanya, silahkan join di group IATF 16949 melalui WA di 08777-178-1334 atau 0813-8438-0326 atau email ke improvementqhse@gmail.com

 

Salam

www.improvementqhse.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

725 views