LAYERED PROCESS AUDITS (LPA)

LAYERED PROCESS AUDITS (LPA)

Layered Process Audit (LPA), adalah proses yang menjamin adanya kesesuaian prosedur kerja dan pelaksanaan, memang hampir sama dengan audit-audit internal yang dilakukan, tetapi sebenarnya sifatnya bukannya mengaudit, melainkan memverifikasi. Memverifikasi artinya memastikan Selengkapnya »

PAHAMI UJI t MAKA PASTI PAHAM STUDI BIAS

PAHAMI UJI t MAKA PASTI PAHAM STUDI BIAS

Untuk memahami pelaksanaan Studi Bias ini kita perlu memahami statistik mengenai Uji t. Uji t adalah uji yang digunakan untuk pengujian Hipotesa dari suatu nilai kelompok data atau pengujian hipotesa dua kelompok Selengkapnya »

TIDAK HANYA CUKUP DARI MANUAL IATF 16949 AGAR BISA LULUS SERTIFIKASI SISTEM IATF 16949

TIDAK HANYA CUKUP DARI MANUAL IATF 16949 AGAR BISA LULUS SERTIFIKASI SISTEM IATF 16949

Ketika istilah mutu mulai berubah dengan penekanan  persyaratan produk (bukan hanya  fisik produknya saja), maka kami melihat bahwa berpikir integrasi itu sangat perlu, ya karena definisi produk berkualitas dilihat dari semua aspek. Selengkapnya »

TEMUAN AUDIT IATF 16949 YANG SERING SAAT AUDIT

TEMUAN AUDIT IATF 16949 YANG SERING SAAT AUDIT

Berikut adalah temuan-temuan IATF 16949 dan ISO/TS 16949 oleh badan sertifikasi yang kami rekap di beberapa client kami (lebih dari 40 perusahaan), min 5 jenis temuan yang sama terjadi maka kami masukkan Selengkapnya »

IATF AUDITOR GUIDANCE FOR IATF 16949

IATF AUDITOR GUIDANCE FOR IATF 16949

Apakah Tujuan dari Manual IATF AUDITOR GUIDANCE FOR IATF 16949 ini: Sebenarnya apa yang diminta auditor melalui pelaksanaan audit Badan Sertifikasi IATF 16949 di perusahaan kita, salah satu guidancenya adalah tuntutan dari Selengkapnya »

LAYANAN KAMI

LAYANAN KAMI

PT. Rimar Solusi Tangguh Konsultan Improvement dan sistem MK3L Jl Arjuna Blok B No 29, Galaksi 17147 0813 8438-0326 / 08777-178-1334 www.improvementqhse.com binapuraconsulting@gmail.com Improvementqhse@gmail.com Group WA: IATF-16949 Indonesia LAYANAN Improvement Program at Selengkapnya »

LIST MANUAL SPECIAL PROSES

LIST MANUAL SPECIAL PROSES

Manual ini sangat bermamfaat secara teknis untuk meningkatkan performance Industri Manufaktur yang mempunyai special proses, manual ini berupa point-point review pertanyaan dan bagaimana menilai special proses dan sangat baik dipakai untuk acuan Selengkapnya »

IATF 16949:2016 – SANCTIONED INTERPRETATIONS, OKTOBER 2020

IATF 16949:2016 – SANCTIONED INTERPRETATIONS, OKTOBER 2020

Berikut kami sampaikan perubahan IATF 16949:2016 berdasarkan Sanctioned Interpretations, SI 19 issued in August 2020, effective October 2020: Definisi pelanggan harus dipertegas, bisa saja pelanggan itu adalah OEM, yang nantinya merakit part, Selengkapnya »

LAYANAN REVIEW IMPLEMENTASI CORETOOLS IATF 16949 (ONLINE /ONSITE)

LAYANAN REVIEW IMPLEMENTASI CORETOOLS IATF 16949 (ONLINE /ONSITE)

Bagi perusahaan yang ingin memastikan keefektifan implmentasi Coretoolnya, silahkan mengikuti program REVIEW IMPLEMENTASI CORETOOLS IATF 16949. Program ini: Ditujukan Bagi perusahaan yang sudah mengimplementasikan Coretools IATF 16949 (APQP,PPAP, FMEA +Control Plan, SPC, Selengkapnya »

YANG DILAKUKAN PERUSAHAAN TERKAIT REVISI KEDUA IATF GLOBAL WAIVERS AND MEASURES IN RESPONSE TO THE CORONAVIRUS PANDEMIC (COVID-19)

YANG DILAKUKAN PERUSAHAAN TERKAIT REVISI KEDUA IATF GLOBAL WAIVERS AND MEASURES IN RESPONSE TO THE CORONAVIRUS PANDEMIC (COVID-19)

MAKSUD PERUBAHAN Dikarenakan wabah Covid-19 ini, IATF 16949 meninjau dampaknya pada skema sertifikasi IATF 16949 dengan prioritas utama adanya Keselamatan dan Kesejahteraan bagi semua orang yang terlibat dalam Skema Sertifikasi IATF 16949. Selengkapnya »

 

PARTISIPASI DAN KONSULTASI DI ISO 45001:2018

Tulisan ini menekankan pembahasan Partisipasi sesuai yang diminta oleh ISO 45001:2018, partisipasi ini masuk pasal 5. Kalau dilihat secara gabungan antara ISO 9001:2015, ISO 14001:2015 dan ISO 45001:2018 akan terlihat seperti ini silkus PDCA nya

Menurut Wikipedia, partisipasi adalah suatu keterlibatan mental dan emosi serta fisik peserta dalam memberikan respon terhadap kegiatan yang melaksanakan dalam proses belajar mengajar serta mendukung pencapaian tujuan dan bertanggung jawab atas keterlibatannya. Dari pengalaman kami, selama melakukan konsultasi setup sistem atau improvement program di client, masalah partisipasi ini menjadi kendala besar, sehingga kami pasti membat strategi-strategi tambahan, dimana strategi-strategi ini disesuaikan dengan kondisi perusahaan, intinya konsultasi kami harus memastikan para pekerja terkait mampu berperan secara mandiri. Melakukan perubahan mulai dari ide, pelaksaaan sampai evaluasi dengan mandiri.  

 Beberapa catatan kami mengenai penyebab hambatan partisipasi:

  • Perusahaan kurang memberikan waktu atau budget pekerja melakukan kegiatan di luar tugas pokok. Bahkan ada pemilik perusahaan berkata hal yang menurut kami jauh sekali dari konsep partisipasi, beliau mengataan kalau mereka bekerja berarti bukan untuk training atau membahas hal-hal lain. Padahal peran training, atau coaching sangat penting, terutama untuk pemerataan kemampuan.
  • Program yang mengajak partisipasi tidak dirasakan memfaat oleh pekerja,malah seakan-akan membuat repot. Kami melihat banyak pekerja yang menyukai tugas-tugas harian. Padahal melaksanakan tugas harian akan membosankan. Memang kegiatan tambahan harus dijelaskan ke pekerja terkait dan harus disadari bahwa ada mamfaatnya. Misalkan dengan memberikan pemahaman manajemen waktu dan konsep bekerja akan memberikan minset dia sehingga bisa dihasilkan perubahan atau inovasi secara mandiri.
  • Belum bisa membuktikan perubahan apa yang dibutuhkan mereka. Reject produk visual banyak ditemukan dan membuat mereka harus 100% chek dan itu sangat menyita waktu mereka, dengan menurunkan reject visual maka mereka akan mempercepat kerja mereka dan mereka merasa nyaman, nah tentu atasan mereka akan mulai bertanya perubahan ini, tetapi biasanya atasan di area itu akan susah peran dari pihak lain. Jadi undangan untuk partisipasi adalah pembuktian bahwa masalah yang ada mulai berkurang dan perlu diteruskan oleh peran mereka. Prinsipnya ada gula ada semut. Tetapi ingat keberhasilan atas keberhasilan yang perlu diteruskan akan bisa berjalan dengan bentuk konsultasi yang tepat.

Kalau dilihat kondisi pengalaman kami di atas, intinya adalah merubah persepsi seseorang mengenai suatu hal itu sangat penting, maksudnya kegagalan berpartisipasi disebabkan bisa karena bentuk penyampaian informasi /konsultasi yang tidak didapat, baik manajemen dan karyawan sendiri. Penting bagi para pembuat sistem atau orang yang mau melakukan perubahan untuk memposisikan diri menjadi mereka (pekerja dan manajemen).  Penyampain informasi (konsultasi) menjadi hal penting dalam keberhasilan bentuk partisipasi.

Di sistem ISO 45001:2018, ketentuan partisipasipun digabung dengan proses konsultasi, kedua kegiatan ini dijabarkan di ISO 45001 pasal 5.2 mengenai Konsultasi dan Partisipasi Pekerja. Kami jabarkan dalam bentuk flow chart

 

Flow Partisipasi

Flow Konsultasi

Bagaimana bentuk partisipasi dan konsultasi di perusahaan anda? Pernahkan kita menciptakan perubahan partisipasi yang dignificant di tempat kerja?

Salam

www.improvementqhse.com

1.839 views