ERROR PROVING DI IATF 16949

ERROR PROVING DI IATF 16949

ERROR PROVING /POKAYOKE diatur di pasal IATF 16949 pasal 10.2.4, ERROR PROVING digunakan untuk menjamin kalau kesalahan bisa terdeteksi, Kemudian kesalahan ini tentu dicari penyebab dan kemudian diperbaiki sebelum menjadi defect (NG). Selengkapnya »

JENIS CYBER ATTACK

JENIS CYBER ATTACK

Penekanannya penerapan Risk Analisis HARUS juga ke arah Ancama Cyber-Attack, pemakaian teknologi IT yang semakin luas di pekerjaan, berpotensi memberikan kendala stop line/stop supplai bila terjadi gangguan. Jadi identifikasi dulu ancaman  itu, Selengkapnya »

POTENSIAL DAN ACTUAL FIELD FAILURE

POTENSIAL DAN ACTUAL FIELD FAILURE

APAKAH FIELD FAILURE FIELD FAILURE dalam arti luas adalah kegagalan produk saat digunakan oleh pelanggan, atau pengguna akhir. Identifikasi potensi FIELD FAILURE merupakan parameter-parameter potensial di proses dimana produk bisa gagal berfungsi Selengkapnya »

TEMPORARY CHANGE DI IATF 16949

TEMPORARY CHANGE DI IATF 16949

Maksud dari TEMPORARY CHANGE/ ALTERNATE METHOD ini sama dengan perubahan sementara. Alternate Change ini biasa dilakukan di pelaksanaan test/uji, adanya pemakaian error-proving di suatu proses. Misalkan, ada alat chek error-proving yang  rusak, Selengkapnya »

ATURAN LABOLATORIUM EXTERNAL DI IATF 16949

ATURAN LABOLATORIUM EXTERNAL DI IATF 16949

Pembahasan tulisan ini terkait Perubahan yang ada di pasal Labolatorium Eksternal (SI 7.1.5.3.2), perubahan itu menghilangkan pernyataan approval pelanggan untuk Labolatorium External. Artinya assessment Labolatorium External bisa tidak diperlukan lagi dan bahkan Selengkapnya »

MEMPUNYAI CONTINGENCY PLAN PANDEMI ITU DIPERSYARATKAN IATF 16949

MEMPUNYAI CONTINGENCY PLAN PANDEMI ITU DIPERSYARATKAN IATF 16949

Pandemi semoga jadi Endemi, walau ada lagi Virus Omicron BA 4 dan BA-5. Sebelumnya ada kabar juga dari WHO mengenai penyakit Liver yang belum ada vaksinasinya.  Berbicara Pandemi, juga dibahas di pasal Selengkapnya »

DEVELOPMENT SUPPLIER DI SISTEM IATF 16949

DEVELOPMENT SUPPLIER DI SISTEM IATF 16949

Dalam pabrik dengan sistem IATF 16949, dipersyaratkan sistem Manajemen Suppliernya  bukan lagi dalam bentuk pemenuhan ISO 9001, tetapi diharuskan minimum tersertifikasi ISO 9001 (yang disertifikasi pihak ke-3), ketentuan ini bisa dikecualikan asal Selengkapnya »

TIPS PENANGANAN PRODUK PASS THROUGH

TIPS PENANGANAN PRODUK PASS THROUGH

Part yang dibuat perusahaan kami itu nantinya dikirim lagi oleh customer-langsung kami ke perusahaan yang merupakan Tier-1 OEM terbesar. Selama ini Customer-Langsung kami kami tidak melakukan apa pun dengan komponen itu; mereka Selengkapnya »

ALASAN MENDASAR KENAPA AUDIT INTERNAL HARUS DILAKUKAN!

ALASAN MENDASAR KENAPA AUDIT INTERNAL HARUS DILAKUKAN!

Internal Audit dalam sistem manajemen apapun dinyatakan dengan kata SHALL, ya maksudnya HARUS. Alasan di belakang itu karena Internal audit merupakan media yang efektif untuk memberikan arahan ke manajemen untuk bertindak dan Selengkapnya »

KINERJA BURUK AKIBAT SHORTAGE SEMIKONDUKTOR

KINERJA BURUK AKIBAT SHORTAGE SEMIKONDUKTOR

Haruskah waktu audit tambahan ditambahkan jika kinerja kartu skor OEM perusahaan buruk yang disebabkan oleh kekurangan chip semikonduktor dan bukan akibat kegagalan proses organisasi?   Jawabannya: Tidak. Memang selalu ada faktor eksternal Selengkapnya »

 

KAIZEN, BUKAN JUST DO IT, BUKAN PAPER WORK, TETAPI…

Lean manufacturing ini merupakan upaya yang dilakukan perusahaan untuk meningkatkan efisiensi produksi. Konsep minimal Pemikiran di Line Manufacturing yang harus dipahami

  1. QCD
  2. JIT
  3. JIDOKA
  4. TAK TIME
  5. PULL OVER
  6. Separate Man-Machine
  7. Heinjunka
  8. Standard Working
  9. 5S
  10. KAIZEN
  11. Stability

Bisa juga ditambahkan dengan konsep lain yang mendukung, misalkan pemahaman konsep Variasi di proses dengan SPC dalam hal kestabilan dan kemampuan proses, konsep Variasi di sistem pengukuran dengan MSA, penggunaan pendekatan FMEA sebagai alat bantu Analisa kendala/hambatan yang ada, dan aspek-aspek yang lain.

Pemahaman Teknik-teknik di atas sangat mudah dipahami tetapi bakal sia-sia kalau tidak mengedepankan kemauan untuk berubah, penanganan langkah-langkah perbaikan terus menerus tanpa ada istilah menyerah. Dan ingat bahwa pengerjaan KAIZEN bukan desk studi atau work paper, tetapi JUST DO IT terhadap action plan dari pengamatan-pengamatan yang matang.

Berikut etika KAIZEN yang harus dikedepankan:

  • Get the fact from the source/ Mendapatkan fakta dari sumber
  • Don’t be swayed by preconceived notions/jangan terpengaruh oleh praduga
  • Practice thorough observation /Practice pada semua hasil pengamatan (5 WHY-Thinking) Calm Attitute (alasan>emosi

Ketika kita memiliki team yang memiliki ke-3 etika KAIZEN, maka akan mudah menggunakan Teknik-teknik diatas. Penggunaan Teknik-teknik diatas harus memenuhi syarat ini:

Kalau menggunakan Teknik-teknik di atas, harus dipastikan konsep ini:

  • Classify & Organize / bisa mengklasifikasi dan Menyusun ide dan pengamatan
  • Quantify the Observation, mampu memberikan nilai pada data yang diamati
  • Specify Detail / berusaha detail

 

Misalkan dari waktu hilang pershift sebesar 248 menit, waktu hilang sudah dibuatkan dalam bentuk nilai dan kemudian diklasifikasikan secara detail apa saja dan berapa waktu yang hilang itu.

Ketika kita sudah tahu apa saja waktu yang hilang itu, maka kita bisa mengKAIZENkan dengan klasifikasi waktu yang hilang itu berdasarkan waktu yang terbesar atau resiko/dampak yang terbesar.

Bawa data itu ke tim KAIZEN dan undang departemen yang terkait untuk didiskusikan. Kami lebih suka metoda brainstorming dalam pelaksanaan mendapatkan IDE. Tetapi perlu dipastikan mengikuti 4 hal ini saat meeting/mencari ide/brainstorming:

  • Jangan menyangga atau menolak/mengkritisi saat ide diutarakan/No Criticizing or judging during idea generation
  • Bebas mengungkapkan ide /Speak freely
  • Tunjukan ide secara angka/Seek quantity
  • Berpikir Bersama/ Think together

Saat melakukan diskusi juga perlu perhatikan 4 hal ini :

  • Force Habit, maksudnya mesti ikuti kebiasaan yang lama, status quo KAIZEN kan perubahan. Harus mau merubah kebiasaan
  • Jangan ada asumsi, itu buruk. Bicaralah dengan data.
  • Common Sense. Jangan ikuti pandangan pada umumnya. Banyak yang bilang, tidak mungkinlah karena di dunia Industri stamping, ganti model akan memperlama proses, apakah memang selalu seperti itu? Kenapa ganti model yang disalahkan? Kenapa tidak proses persiapan atau hal-hal lain saat ganti model itu yang perlu diperbaiki?
  • Not Invented Here Syndrome, jangan sombong, Ingat sebesar-besarnya TOYOTA, mereka mau mengambil metoda dari negara lain, ingat ya: kalau konsep Takt Time itu bukan dari TOYOTA tetapi dari German aircraft manufacturing dan juga PULL SISTEM juga bukan dari TOYOTA, tetapi dari model U.S. supermarkets. TOYOTA maju karena dia tidak membenarkan mereka yang punya IDE, mereka mau menerima IDE selama itu bisa memberikan perubahan.
  • Sentiment or Emotion. Dalam Otak Manusia ada Emosi dan Logika, EMOSI ini lebih besar berperan, jadi perlu diarahkan dan disalurkan dengan tepat. Boleh emosi tetapi sifatnya positif saat memperjuangkan IDE. Kalau data sudah lengkap tetapi ditolak juga, hmmm tanamkan kalau keberhasilan itu susah, dan awalnya karena adanya PENOLAKAN itu. Jadi kalau ada PENOLAKAN itu adalah hal yang normal, terbiasalah dengan penolakan. Tetapi tetap untuk memperjuangkan karena kita sudah mempunyai data yang benar. Pakailah stategi, saya suka dengan strategi mundur dulu baru maju lagi dengan mengemas dengan data dan kesimpulan yang mudah dimengerti.

Jadi mari berKAIZEN, mulailah dari hal-hal yang sepele yang mengarah ke tujuan yang besar…..

 

Salam

www.improvementqhse.com

 

Perusahaan anda mau memahami Konsep, Mindset, Teknik dan tahapan KAIZEN for LINE MANUFAKTURING dengan praktek langsung selama 2 hari? Silahkan kontak NOVA di 08777-178-1334

 

 

 

Open chat
Need Help?
hello, ada yang bisa kami bantu?

oh ya bapak/ibu, kami ada layanan Improvement di Proses, namanya Free Assessment Proses, dilakukan 1-2 hari, cukup dengan mengganti akomodasi Konsultannya saja, tertarik?
82 views