TIDAK ADA KONTROL ITU YA KORUP  MENURUT IATF 16949  PASAL 5.1.1.2 dan PASAL 5.1.13

TIDAK ADA KONTROL ITU YA KORUP  MENURUT IATF 16949  PASAL 5.1.1.2 dan PASAL 5.1.13

Setiap pekerjaan kalau tidak dikontrol maka akan timbul deviasi, didiamkan dalam waktu yang lama maka deviasi akan membesar dan susah dikembalikan ke semula alias corrupt. Deviasi yang didiamkan itu bisa terjadi karena Selengkapnya »

PERENCANAAN PROGRAM PEMBUATAN AIAG-VDA FMEA

PERENCANAAN PROGRAM PEMBUATAN AIAG-VDA FMEA

Ada beberapa indikasi penyebab  yang mengakibatkan FMEA tidak begitu memberikan masukan bagi perusahaan, Indikasi itu antara lain karena: Kurang paham proses yang dianalisa Adanya shortcut action dalam mengantisipasi masalah yang diidentifikasi Data Selengkapnya »

PUBLIK TRAINING IMPROVEMENTQHSE

PUBLIK TRAINING IMPROVEMENTQHSE

Dear all Client berikut Publik Training www.improvementqhse kita, semoga ini bisa memberikan kontribusi.  Sifat Training memperdalam konsep dan praktik materi. Keuntungan peserta training: Mendapatkan sertifikat sesuai materi Masuk ke Group IATF 16949 INDONESIA Selengkapnya »

BELI MANUAL BOOK TERKAIT IATF 16949

BELI MANUAL BOOK TERKAIT IATF 16949

BELI MANUAL BOOK TERKAIT IATF 16949 Dear client, kami menyediakan beberapa manual terkait sistem IATF 16949, sebenarnya buku/manual ini bisa langsung dibeli di aiag.org, tetapi agar tidak merepotkan aktifitas bapak/ibu dan PASTI Selengkapnya »

KOMPETENSI AUDITOR DI PERUSAHAAN SISTEM IATF 16949

KOMPETENSI AUDITOR DI PERUSAHAAN SISTEM IATF 16949

Kenapa Internal auditor sangat penting? Ya karena Audit merupakan media sangat efektif untuk memberikan arahan manajemen untuk bertindak. Audit akan mereview kesesuaian pekerjaan yang sudah diatur, apakah efektif? Bila ada proses yang Selengkapnya »

SALAH KALAU AUDIT PRODUK CHEKLISTNYA DARI CONTROL PLAN SAJA

SALAH KALAU AUDIT PRODUK CHEKLISTNYA DARI CONTROL PLAN SAJA

Beberapa kali kami temui di implementasi IATF 16949 bahwa cheksheet Audit Produk diambil dari Control Plan /PQCS saja, apakah benar demikian? SEBAIKNYA TIDAK! Ya hal ini karena control plan/PQCS belum sepenuhnya menggambarkan Selengkapnya »

FMEA, CONTROL PLAN (PQCS), RECORD DAN ANTI ERROR

FMEA, CONTROL PLAN (PQCS), RECORD DAN ANTI ERROR

Apa hubungan: FMEA, Control Plan (PQCS), Record dan Anti Error/pokayoke? Jawabannya mudah harus saling berhubungan (link), sangat mudah untuk membuat ada kaitannya, tetapi yang susah adalah menerapkannya, sama saja dengan mengatakan gampang Selengkapnya »

ADA MASALAH,  SIAPA SIH YANG MEMPERBAIKI?

ADA MASALAH, SIAPA SIH YANG MEMPERBAIKI?

Penyelesaian masalah merupakan salah satu inputan perbaikan sistem, saya menilai bahwa masalah adalah inputan yang paling bagus untuk memperbaiki sistem kerja. Ada pepatah mengatakan, Pengalaman adalah Guru yang Paling Baik, ya baik Selengkapnya »

CHANGE /PERUBAHAN DI IATF 16949

CHANGE /PERUBAHAN DI IATF 16949

  Mengenai konsep perubahan lihat tulisan kami di http://www.improvementqhse.com/engineering-change-penanganan-perubahan/ Mengenai change /perubahan yang dimaksud IATF 16949 adalah perubahan pada banyak aspek, di metoda, peralatan, proses dan produk, intinya ketentuan IATF 16949 meminta Selengkapnya »

ENGINEERING CHANGE (PENANGANAN PERUBAHAN)

ENGINEERING CHANGE (PENANGANAN PERUBAHAN)

Hal yang sangat krusial adalah ketika menghadapi perubahan, perubahan itu hampir sama ketika ketika ada di perempatan jalan dan kita tidak tahu ke mana arahnya dan kita dituntut terus bergerak maju, yang Selengkapnya »

 

CHANGE /PERUBAHAN DI IATF 16949

 

Mengenai konsep perubahan lihat tulisan kami di http://www.improvementqhse.com/engineering-change-penanganan-perubahan/

Mengenai change /perubahan yang dimaksud IATF 16949 adalah perubahan pada banyak aspek, di metoda, peralatan, proses dan produk, intinya ketentuan IATF 16949 meminta  perusahaan memastikan perubahan dilakukan sesuai. Berikut pasal-pasal di IATF 16949 yang membahas mengenai Perubahan/Change:

  • ada aspek safety produk (Pasal 4.1.1.2) disebutkan perubahan produk atau proses harus disetujui sebelum implementasi, termasuk pelaksanaan mengevaluasi dampaknya baik di proses atau produk.
  • Pada Pasal Peralatan (7.1.3.1) disebutkan penilaian kelayakan manufaktur harus mencakup perencanaan kapasitas, dan efektivitas proses harus dijaga termasuk evaluasi ulang berkala terhadap risiko, saat perubahan yang dilakukan selama approval proses.
  • Pada Kalibrasi dan Verifikasi (pasal 7.1.5.1.2) disebutkan harus dipastikan bagaimana tindakan ketika ada perubahan yang berdampak pada sistem pengukuran
  • Pada Eng Spec (IATF 16949 pasal 7.5.3.2.2) Ketika perubahan standar sertifikasi mesin menghasilkan perubahan desain produk, perusahaan harus menyimpan catatan tanggal di mana setiap perubahan diterapkan dalam produksi. Penerapan harus termasuk dokumen yang diperbarui, dimana meninjauan harus diselesaikan dalam waktu 10 hari kerja sejak diterimanya pemberitahuan perubahan standar / spesifikasi.
  • Kelayakan produksi (IATF 16949 pasal 8.2.3.1.3) perubahan harus melakukan analisis kelayakan ini untuk setiap teknologi manufaktur atau produk baru atau perubahan pada desain produk.
  • Perubahan Desain Produk (IATF 16949 pasal 8.3.6.1) Design and development changes dimana Organisasi harus mengevaluasi semua perubahan desain setelah persetujuan produk awal, termasuk yang diusulkan oleh perusahaan atau pemasok. Perubahan harus divalidasi terhadap persyaratan pelanggan dan disetujui secara internal sebelum implementasi produksi.
  • Seleksi supplier harus memperhatikan juga bagaimana proses perubahan manajemen dilakukan di supplier (IATF 16949 pasal 8.4.1.2)
  • Control plan (IATF 16949 pasal 8.5.1.1) control plan dirubah ketika ada perubahan yang mempengaruhi produk dan proses produksi·
  • Verification of job sef-ups (IATF 16949 pasal 8.5.1.3) dilakukan ketika ada pergantian material, atau perubahan metoda·
  • Management tooling (IATF 16949 pasal 8.5.1.6) meminta adanya rencana perubahan untuk perishable tool dan perubahan tool produksi akibat adanya perubahan produk·
  • Kontrol perubahan (IATF 16949 pasal 8.5.6.1), perusahaan harus memiliki proses terdokumentasi untuk mengendalikan dan tindakan terhadap perubahan yang berdampak pada produk. Efek dari setiap perubahan, termasuk perubahan yang disebabkan oleh organisasi, pelanggan,atau pemasok mana pun, harus dinilai/dievaluasi.
  • Perubahan Proses Sementara (IATF 16949 pasal 8.5.6.1.1), perusahaan harus mengidentifikasi, mendokumentasikan, dan memelihara daftar kendali proses, termasuk inspeksi, mengukur, menguji, dan perangkat anti-kesalahan, yang mencakup kontrol proses utama dan yang disetujui sebagai metode cadangan atau alternatif.
  • Input manajemen review (IATF 16949 pasal 9.3.2.1) penilaian kelayakan manufaktur yang dibuat untuk perubahan operasi yang ada dan untuk fasilitas baru atau produk baru·
  • Di Elemen control Plan ada istilah level perubahan (engineering change level) yang termasuk kategori general data.

Bagaimana point-point perubahan itu di atur di perusahaan kita?

Salam www.improvementqhse.com

 

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

893 views